Walikota Payakumbuh Riza Falepi Manciang Bersama Warga Kelurahan Padang Sikabu

890

Metro Padang.com – Walikota Payakumbuh tersebut selalu mengisi waktu “libur” setiap Sabtu dan Minggu dengan berbagai kegiatan. Selain blusukan bersepeda yang sudah menjadi trade mark seorang Riza Falepi, kegiatan turun lapangan (Turlap) dan turun kebawah (Turba) tetap dilakukan meski tanpa sepeda.

Seperti Minggu (17/2/2019) pagi. Bergaya Casual, Walikota jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini mengunjungi warga Kelurahan Padang Sikabu, Kecamatan Latina yang menggelar acara Mancing Ikan Larangan. Didampingi Camat Latina, David Bachri dan Lurah Padang Sikabu, Sasra Hadi, Walikota “membuka keramat” prosesi mancing di lokasi larangan tersebut.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, saya buka kegiatan mancing Ikan Larangan di Kelurahan Padang Sikabu ini, semoga berkah dan semakin mempererat silaturahmi antar sesama warga dan antara pemerintah dengan warga,” ucap Riza Falepi.

Sebelumnya, dalam sambutan, Riza Falepi mengatakan bahwa konsep ikan larangan ini merupakan metode lama dengan kemasan baru dalam upaya menggali potensi ekonomi di kelurahan. Menurutnya, dengan banyaknya aliran sungai dan bandar baik besar, sedang maupun kecil di Kota Payakumbuh, hal tersebut bisa dioptimalkan untuk menambah pemasukan bagi warga sekitar aliran.

“Kita kaya akan aliran sungai, kenapa tidak dimanfaatkan potensi tersebut untuk menambah pendapatan ekonomi warga. Apalagi tidak butuh modal yang banyak untuk budidaya ikan larangan ini, mari kita pertahankan dan tingkatkan terus, ” ajak Riza.

Senada, Camat Latina mengungkapkan, kegiatan mancing dan nantinya diikuti dengan membongkar ikan larangan di Kelurahan Padang Sikabu tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan ekonomi warganya. Dikatakan, lokasi tersebut merupakan yang pertama dan kedepan akan dikembangkan dilokasi lainnya.

“Lokasi ini merupakan bagian dari Irigasi Bandar Pulau Pak. Sepanjang 1 KM kita jadikan lokasi Ikan Larangan, dimana 3 bulan yang lalu kita lepas 12 ribu bibit ikan jenis Nila, Ikan Mas dan Ikan Rayo. InsyaAllah setelah kegiatan mancing ini kita akan bongkar. Mudah-mudahan hasilnya memuaskan,” ungkap David Bachri dalam laporannya kepada Walikota.

David berjanji akan mengembangkan konsep tersebut di kelurahan lain di Kecamatan Latina. “Lokasi ini yang pertama di Latina. Kita akan buka juga di kelurahan lain. Kalau bisa satu kelurahan punya satu lokasi,” pungkas David.

Kegiatan lomba mancing ikan larangan tersebut disambut antusias warga Padang Sikabu dan sekitarnya. Ratusan warga pecinta pancing sauh bersauh menggelar mata pancing dilokasi acara. Panitia menyediakan hadiah menarik bagi peserta yang paling banyak mendapat ikan.(tn)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY