Metro Padang.com – Payakumbuh,  Bertempat di GOR Muhammad Yamin Kota Payakumbuh dilangsungkan penyerahan bantuan untuk biaya pendidikan bagi 1000 siswa yang tergolong mustahik untuk tahun 2018. Wajah berseri bagi para siswa,Baznas telah meringankan beban keluarga siswa dalam pembiayaan pendidikan

Penyerahan dilakukan Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi bersama Ketua Baznas, H. Mismardi dan Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh.

Jelang penyerahan dana zakat untuk penunjang pendidikan, Ketua Baznas Mismardi kepada Walikota Payakumbuh melaporkan bahwa tahun ini sudah baznas baru bisa menghimpun dana sekitar 2,5 milyar yang akan kita distribusikan khusus asnaf delapan.

“Secara garis besar baznas distribusikan dana untuk usaha produktif, pendidikan, konsumtif dan insidentil. Penyerahan zakat penunjang pendidikan tahun 2018 dengan rincian pertingkat sebagai berikut : untuk SD / MI senilai Rp. 450,000. Untuk SMP / MTs senilai Rp 550,000,- dan tingkat SLTA senilai Rp 650,000,-,”lapor Mismardi.

Kepala Kankemenag yang kesempatan itu diwakili Kasi Bimas Islam Endra Rinaldi meminta para mustahik mempergunakan dana tersebut sebaik mungkin selanjutnya Endra Rinaldi mengharapkan siswa mendoakan para muzaki, agar dimurahkan reskinya oleh Allah.

Walikota Riza Falepi dalam sambutannya siang itu mengharapkan pengurus Baznas untuk lebih pro aktif dalam rangka penguatan kelembagaan. Karena, sejak berdiri, Baznas Kota Payakumbuh hingga kini belum memiliki sekretariat sendiri.

“saat ini dana Baznas masih dimayoritasi dari zakat PNS, pengusaha belum lagi terjangkau,” sebut Riza Falepi.

Kepada penerima bantuan pendidikan, Riza Falepi mengharapkan agar dana tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal untuk penunjang pendidikan. Bukan untuk beli rokok atau hp.

“kalau dana itu dimanfaatkan secara maksimal, insyaallah bisa menunjang pendidikan dan cita-cita ananda. Semoga ananda semua yang saat ini masih mustahik, kedepannya menjadi muzaki dan pembela syariat islam,” pesan Riza Falepi sembari menyerahkan bantuan secara simbolis. Penyerahan selanjutnya dilakukan pengurus baznas bersama tim survei.(tn)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY