Metro Padang.com-Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama berharap kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memaksimalkan serapan anggaran jelang akhir tahun. Dengan menunjukkan kinerjanya.

“Saya kecewa rendahnya serapan anggaran dan realisasi kegiatan di tiap OPD. Kita meminta para kepala OPD memacu penyerapan anggaran, karena hingga 30 November 2018 baru mencapai 52 persen” ujar Atos Pratama saat memimpin rapat evaluasi kinerja OPD, Senin 10 Desember 2018.

Menurutnya, ia akan melakukan evaluasi secara menyeluruh, apakah serapan anggaran di masing-masing OPD sudah sesuai dengan yang ditargetkan atau belum.

Bagi OPD yang serapan anggarannya masih rendah perlu dipacu. Itu untuk memastikan seluruh kegiatan dapat dicapai sesuai target waktu yang ditentukan sebagaimana tertuang dalam daftar penggunaan anggaran.

” Kepala OPD agar dapat menjalankan roda perangkat daerah masing-masing dengan baik dan dapat membagi tugas antara Kepala OPD, sekretaris, bidang termasuk dengan para staf dalam rangka pencapaian kinerja dan meningkatkan serapan anggaran,” kata Atos Pratama.

Dijelaskannya, bulan Desember tinggal menghitung hari, OPD harus mencek ulang, apa saja kegiatan yang belum dan sudah terealisasi di OPD masing-masing. Kurangnya sinergitas dan koordinasi antar OPD, menjadi salah satu penyebab masih rendahnya serapan anggaran di daerah itu.

Setiap kepala OPD harus memiliki prinsip dalam bekerja. Tanpa itu, mustahil target capaian kinerja dapat tercapai dengan baik. Prinsip dalam kerja itu adalah, bekerja dengan cerdas, ikhlas dan tuntas.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY