Wabup Dhamasraya Minta Walinagari Jadi Contoh Cegah Kekerasan Terhadap Perempuan & Anak

713
MetroPadang.com -Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Sosial P3APPKB menggelar Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak bagi Camat dan Wali Nagari se kabupaten Dharmasraya, kamis (4/3). Acara yang diselenggarakan di Aula kantor Bupati tersebut dibuka Wakil Bupati, Dasril Panin Datuk Labuan.
Menurut Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Bobby Perdana Riza, sosialisasi ini merupakan bentuk upaya terhadap pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta mengoptimalkan penanganan terhadap kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Dharmasraya.
Bobby melanjutkan, di tahun 2020, tercatat ada sekitar 120 an tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di Kabupaten Dharmasraya.” ungkapnya.
Untuk meminimalisir itu, mohon kiranya Wali Nagari membentuk Satgas perlindungan perempuan dan anak di wilayah masing-masing. Dan yang tidak kalah pentingnya, ungkap Kadis Boby, pihak kecamatan dan nagari dapat mengetahui alur penanganan perkara,” sebutnya.
Semetara itu, Wabup Dt. Labuan, menyampaikan, dalam pasal 28 G ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau perlakuan yang merendahkan derajat maupun martabat sesama.
Pemerintah, bertanggungjawab untuk menghormati, melindungi, dan menjamin hak-hak, setiap warga negara tanpa kecuali. Termasuk perempuan dan anak tanpa diskriminasi.
Wabup menggambarkan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak makin hari makin bertambah, tidak menurun. Kasus kekerasan perempuan dan anak seperti fenomena gunung es,” sebut beliau ini.
Oleh karena itu, Wabup berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti sosialisasi ini dengan baik, agar dapat meningkatkan pemahaman mengenai kekerasan terhadap perempuan dan anak.
“Pertemuan ini jangan dianggap hanya sebagai kegiatan rutin semata,” ungkapnya. (mp)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY