Metro Padang – Payakumbuh, Sempat kosong selama 1 minggu, Vaksin Covid-19 dari kementerian kesehatan telah sampai di Sumatera Barat. Untuk Kota Payakumbuh sebanyak 445 vial atau 4550 dosis.
Namun Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal kepada media, Senin (2/8), mengaku vaksin yang datang ini dikhususkan untuk disalurkan kepada orang yang sudah mendapatkan vaksin dosis 1. Tujuannya agar ada efektifitas penyaluran dosis vaksin kepada masyarakat dan jangan sampai warga yang sudah divaksin dosis 1 jadi terlalu lama interval atau jarak waktu pemberian dengan vaksin dosis kedua.
“Harusnya memang satu orang mendapat dua dosis, tidak satu kali suntik vaksin saja, intervalnya sekitar 1 bulan. Kalau vaksin dosis 1 terlambat diberikan, maka efektivitas vaksin dikhawatirkan terganggu, untuk itu sesuai edaran kementerian kesehatan, vaksin yang datang ini kita berikan kepada mereka yang sudah dapat dosis pertama, mereka bisa datang ke puskesmas-puskesmas mulai hari ini,” ungkapnya didampingi Kabid Kesmas dan P3 Fatma Nelly.
Sementara itu, ketika ditanya kapan pelaksanaan bagi warga yang sama sekali belum disuntik vaksin atau belum mendapat dosis pertama, Bakhrizal menyampaikan perkiraan pada minggu kedua bulan Agustus.
“Insyaallah, Minggu kedua Agustus kita bisa memvaksin warga yang belum mendapat haknya, kita sudah minta ke pemerintah provinsi agar mengirim tambahan vaksin, mohon bersabar,” pungkas kadis yang akrab disapa Dokter Bek itu. (Hms/mp)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY