Untuk Penuhi Gizi ,Bupati Ajak warga Pasaman Konsumsi Pangan Beragam

880

Metro Padang.com –   Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mendorong warganya di kabupaten itu untuk mengkonsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) untuk pemenuhan gizi anggota keluarga.

“Menu B2SA ini harus dibudayakan. Menu B2SA penting diterapkan dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sehari-hari. Ini dapat mengurangi ketergantungan akan pangan pokok bersumber beras (padi),” kata Bupati.

Yusuf Lubis mengatakan variasi atau beragam makanan penting disajikan karena kebutuhan zat-zat gizi yang diperlukan tubuh tidak bisa dipenuhi oleh satu makanan saja.

Bahan pangan yang bervariasi bisa didapat dari sumber bahan nabati maupun hewani sehingga kekurangan yang terdapat pada suatu bahan dapat dipenuhi dari bahan lain.

Yusuf Lubis meminta setiap keluarga harus bisa menyajikan makanan yang bervariasi kepada anggota keluarganya, karena selain bervariasi tentunya bergizi, seimbang dan aman.

Dengan penerapan bahan pangan B2SA akan menciptakan keluarga yang berkualitas. Untuk itu perencanaan menu keluarga yang memenuhi unsur B2SA penting dilakukan, katanya.

TP-PKK baik kabupaten maupun kecamatan, dapat mensosialisasikan pangan B2SA kepada masyarakat sebagai upaya menciptakan menu keluarga yang bergizi, beragam, seimbang dan aman dapat terus terwujud.

“TP PKK harus terus mensosialisasikan pangan B2SA ke masyarakat. Dengan sosialisasi tersebut akan meningkatkan kreativitas ibu-ibu dalam membuat berbagai menu makanan B2SA dengan bahan lokal yang mudah diperoleh,” katanya.(02)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY