Metro Padang.comSatgas Pamtas Yonif Raider 408/SBH Pos Asumanu dan Dinas Perlindungan Perempuan Dan Anak melaksanakan kegiatan sosialisasi Pencatatan Dan Pelaporan Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Kantor Desa Asumanu,Dusun Fatubeilao, Desa Asumanu, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu.
Pada hari Jum’at 01 Maret 2019, masyarakat Desa Asumanu mendapatkan sosialisasi tentang banyak hal berkaitan dengan kekerasan dalam rumah tangga dan bagaimana pemerintah desa melaksanakan pencatatan dan pelaporan terhadap kasus tersebut.
Ibu Erna Ganggas dari Dinas Perlindungan Perempuan Dan Anak menyampaikan, “banyak kekerasan dalam rumah tangga yang terjadi akan tetapi masyarakat menganggap hal biasa karena ketidak tahuan. Disini kekerasan rumah tangga dibagi menjadi 3, yang pertama Kekerasan Fisik, kedua Kekerasan Psikis dan ketiga Penelantaran/ Pembiaran. Dimana kekerasan Psikis dan penelantaran ini yang banyak ditemui kasusnya.”
Ibu Siska dari Dinas Perlindungan Perempuan Dan Anak menjelaskan bagaimana cara Pencatatan Dan Pelaporan apabila terjadi kasus kekerasan dalam rumah tangga. “Pemerintah desa silahkan catat laporan dari masyarakat yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Untuk masyarakat sendiri jg tidak perlu takut untuk laporan, karena kerahasiaan terjaga. Laporan tersebut akan diteruskan kepada kami untuk membantu mencari penyelesaian masalah dalam rumah tangga tersebut.” Himbaunya.
Ibu Joice, Kepala Dinas Perlindungan Perempuan Dan Anak Kabupaten Belu menyampaikan, “Catatan dari laporan kasus tersebut adalah untuk pedoman kami menyelesaikan permasalahan tersebut. Bagaimanapun juga tetap masih lebih baik mencegah, dan dalam pencegahannya diharapkan dalam keluarga bisa saling mengingatkan dan mau menerima nasehat, setiap ada permasalahan bisa diselesaikan dengan kepala dingin. Dengan sosialisasi ini semoga masyarakat lebih bisa menjaga keharmonisan dalam rumah tangga, dan kalau memang ada permasalahan masyarakat tahu jalan yang harus ditempuh. Kami juga berterima kasih kepada Pos Asumanu yang sudah datang membantu dalam sosialisasi tersebut.” Ungkapnya.
Komandan Pos Asumanu Sertu Nerdha A menyampaikan, “Kami juga berterima kasih kepada Dinas Perlindungan Perempuan Dan Anak Kabupaten Belu, dengan sosialisasi ini masyarakat jadi lebih sadar hukum dan itu akan sangat membantu kami yang berada dilapangan menjaga keamanan perbatasan RI-RDTL.” Ungkapnya.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY