TNI berkolaborasi dengan Puskesmas mendata PIS PK

822

Metro Padang.com – Program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga merupakan program pemerintah. Berdasarkan peraturan menteri kesehatan Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2016 tentang pedoman penyelengaraan program Indonesia sehat pendekatan keluarga. Ditingkat puskesmas dilakukan kegiatan pendataan keseluruh anggota keluarga ,membuat dan mengelo pangkalan serta menganalisa dan merumuskan masalah kesehatan dilingkungan masyarakat dengan cara mengunjungi rumah dalam upaya promotif,preventif dan rehabilitative.

Untuk menindak lanjuti kegiatan Program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga(PIS-PK) Puskesmas Nualain berkolaborasi berkerjasama dengan Satuan tugas pengaman Perbatasan RI-RDTL Yonif Raider 408/SBH Pos Lakmaras mendata keluarga sehat di Dusun Holgujo Dasa. Henes Kec. Lamaknen Selatan Kab. Belu

Tim tenaga kesehatan puskesmas Nualain terdiri 6 Orang dipimpin langsung Dokter UPTD Puskesmas NUalain dan anggota Pos Lakmaras diwakili Kopda Agung dan Pratu rokis selaku Takes Pos Lakmaras membantu mendata kesehatan masyarakat dengan mengecek tekanan darah,pemeriksaan tempat penampungan air, Tanya jawab kuisoner tentang indikator PHBS( Perilaku Hidup Sehat dan Bersih)

Kegiatan pendataan tersebut mendapat apresiasi positif dari masyarakat Dusun Holgujo, hal ini terbukti kesiapan warga masyarakat dalam menerima saran dan banyak pertanyaan oleh warga masyarakat bagaimana cara hidup Sehat.

Selaku Dokter UPTD Puskesmas Nualain Dr. Gupta menyampaikan Kegiatan mendata KIS PK sangat penting untuk mengetahui derajat kesehatan masyarakat dengan melakukan kunjungan dan Intervensi kesehatan dirumah masyarakat serta kami sebagai Tim Kesehatan Puskesmas Nualain sangat berterimakasih kepada Satuan tugas pengaman Perbatasan RI-RDTL Yonif Raider 408/SBH Pos Lakmaras yang telah membantu mendata dan memberikan pengarahan kesehatan kepada masyarakat.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY