Tim Sekolah Sehat Sumatera Barat Kunjungi Kota Payakumbuh

967

Metro Padang.com – Payakumbuh, Tim Penilai Sekolah Sehat tingkat Provinsi Sumatera Barat Kamis (22/8/2019) pagi menyambangi Balaikota Payakumbuh. Tim yang diketuai Nurmalawati dari Dinas Pendidikan Sumatera Barat hendak menilai perwakilan Kota Payakumbuh yang diutus berlomba ketingkat provinsi.

Adapun yang menjadi utusan tersebut adalah TK Negeri Pembina Kecamatan Payakumbuh Utara, SD Negeri 63 Payakumbuh, SMP Negeri 4 Payakumbuh dan SMA Negeri 1 Payakumbuh sebagai Sekolah Sehat Berprestasi untuk mewakili Kota Payakumbuh bertanding untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang terdiri dari Biro Bina Mental Provinsi Sumbar, Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar akan mendengarkan Ekspose dari masing Kepala Sekolah yang berprestasi di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (22/08/2019).
Ketua tim Penilai Numalawati dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar mengatakan Kota Payakumbuh merupakan Kabupaten/Kota yang ke 12 yang dikunjungi oleh tim penilai Sekolah Sehat Provinsi.
“Sebenarnya Sekolah sehat ini bukan perlombaan, tapi sebagai pembinaan bagaimana sekolah itu bisa sehat, bagaimana prilaku murid bisa hidup sehat,” kata Nurmalawati.
Ketua Tim Penilai menyampaikan kriteria yang akan dinilai dalam lomba sekolah sehat berprestasi tingkat provinsi Sumbar adalah ruang kepala sekola, ruang kerja guru, ruang kelas, ruangan ibadah, kamar mandi/wc, kantin sekolah, perpustakaan, laboratorium, tempat pembuangan sampah, tempat cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir serta sekretariat UKS.
“Untuk kamar mandi / wc apakah wc itu bersih dan bisa menampung siswa, tidak ada antrian dan kantin sekolah apakah menjual makanan sehat atau tidak,” jelasnya.
Sementara itu Kepala Bagian (Kabag) Kesra Ul Fakhri mengatakan Pemko Payakumbuh beserta pihak terkait telah melakukan pembinaan kepada seluruh sekolah yang ada di Kota Payakumbuh agar menjadi sekolah sehat.
“Kita ingin menjadikan tidak hanya peserta lomba tapi seluruh sekolah yang ada di Kota Payakumbuh bisa menjadi sekolah sehat, serta seluruh masyarakat yang ada di sekitar sekolah juga bisa berprilaku hidup sehat,” ucapnya.
Ditambahkannya “Semoga semua warga sekolah bisa menjadikan prilaku hidup bersih dan sehat itu sebagai budaya serta dengan sendirinya prestasi Akademik akan terangkat dengan pola hidup sehat,” pungkasnya. (rel/ts)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY