Sambut HUT RI Ke- 74 Pemkab Mentawai Gelar Baca Puisi

1885
Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake

Metro Padang.com – Tuapejat – Untuk  meningkatkan rasa cinta tanah air dan kebangsaan serta memperingati HUT RI ke-74 tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Lomba Baca Puisi bertemakan Perjuangan yang bertempat di Radio Sasaraina, Jumat (9/8).
Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake dalam sambutannya menyatakan, tingginya antusiasme peserta menunjukkan masyarakat dan generasi muda saat ini masih banyak yang mencintai karya sastra. Menunjukkan bahwa semangat masyarakat dan anak muda untuk membaca masih bisa ditingkatkan.

“Semangat anak muda untuk membaca semakin pudar, terlebih dengan hadirnya media sosial. Tingkat literasi masyarakat Indonesia termasuk yang paling rendah, kalah dengan negara-negara lain, oleh karena itu dengan adanya lomba ini diharapkan mampu meningkatkan kecintaan membaca puisi dikalangan masyarakat ” ujarnya.
Ia juga berharap, melalui lomba baca puisi, masyarakat dan generasi muda mampu memahami makna dari isi puisi yang akan diperlombakan.

Korta juga menambahkan melalui lomba baca puisi juga mampu meningkatkan semangat juang, rasa nasionalisme, kebersamaan dan tanggung jawab yang besar sebagai rakyat Indonesia. Oleh karena itu seluruh masyarakat Mentawai dapat mengambil semangat dan meneladani perjuangan para pahlawan yang telah gugur.
“Peserta harus bisa memaknai isi puisi. Bayangkan perjuangan para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan ini, hingga kini kita bisa menikmatinya” tuturnya.
Sementara itu panitia kegiatan lomba Rahadio Suroso mengatakan, lomba yang bertemakan perjuangan diikuti peserta yang mencapai 27 orang. Ini merupakan bentuk antusiasme dan apresiasi tinggi masyarakat Mentawai khusus masyarakat Tuapeijat. Adanya lomba baca puisi ini menurutnya, sudah cukup bagus untuk perkembangan seni sastra di Mentawai pada pada umumnya.
“selain memeriahkan Hut RI ke 74, lomba ini juga untuk mengangkat minat baca di kalangan masyarakat dan remaja khususnya,” pungkasnya

BAGIKAN

LEAVE A REPLY