Ratusan Rumah Di Pasaman Barat Dilanda Banjir

851
Metro Padang.com  – Pasaman Barat – Intensitas Hujan yang tinggi sejak Kamis siang hingga Jum’at pagi (12/10) di kabupaten Pasaman Barat mengakibatkan sejumlah aliran sungai di daerah tersebut meluap sehingga merendam sejumlah pemukiman warga dan lahan pertanian.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat Triwahluyo, kepada awak media menyampaikan banjir kali ini  terjadi hampir merata melanda sejumlah wilayah di kab. Pasbar, selain itu  bencana lonsor juga terjadi di tiga kecamatan.
” Hasil pantauan kami daerah yang derdampak banjir diantaranya daerah Batang Saman Nagari Aia Gadang mengakibatkan akses transportasi dari Simpang Empat menuju Ujung Gading Terputus, 150 unit rumah terendam dan 2 unit rumah hanyut. Di Kecamatan Luhak Nan Duo kurang lebih 50 unit rumah terendam banjir. Di Tanjung Pangkal dan Ranah Batahan mengakibatkan jembatan gantung putus,”jelas Tri.
Tri menuturkan, sedangkan untuk wilayah Kecamatan Lembah Melintang sejumlah rumah warga terendam.  Kemudian di kec. Talamau tepatnya di Nagari Talu dan Nagari Kajai sejumlah  jalan amblas dan badan jalan tertimbun material longsor.
Ia menambahkan, terkait  adanya korban jiwa dan jumlahkerugian untuk sementara masih dalam pendataan.
Sementara itu tim dari BPBD Pasbar, Wali Nagari, TNI, Polri, Dinas PU, PMI, Basarnas, Pol PP dan KSB masih melakukan evakuasi dan pemantauan di daerah yanh terdampak banjir.
Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di daerah yang terdampak banjir agar mengunsikan diri ketempat yang aman seperti keluarga atau tetangga dan menyelamatkan barang-barang berharga.
” kita himbau untuk mengunsi ketempat yang aman, dan tetap waspada akan terjadi bencana banjir atau longsor susulan karena saat ini cuaca masih extrim di Pasaman Barat”, himbau Triwahluyo (De)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY