MetroPadang.com – Randang Payakumbuh bakal didistribusikan untuk membantu korban bencana alam di Sumatera Utara. Wali Kota H. Riza Falepi diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Wal Asri menyerahkan secara simbolis bantuan rendang qurban kepada perwakilan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Payakumbuh, Selasa (8/12).
Perwakilan ACT Tomi Abdullah dan Danil mengatakan mereka menjemput randang qurban untuk didistribusikan membantu korban banjir di Medan.
“Bantuan kemanusiaan berbentuk Randang jadi ini dapat bertahan lama dan tentunya akan membantu korban bencana,” katanya.
Sementara itu, Wal Asri didampingi Sekretaris Andiko Jumarel dan kepala UPTD Rendi Pratama mengatakan bantuan yang diserahkan adalah berupa rendang daging yang telah diolah dan di packing di Pusat Sentra Rendang Payo dengan label Ikosero
“Bantuan rendang daging ini berasal dari daging qurban yang pesertanya merupakan para pejabat eselon II, III, dan ASN yang berada di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh saat Idul Adha dulu. Wali Kota Riza juga pernah bilang kalau inovasi kurban randang adalah cerita baru,” kata Wal Asri.
Meski baru bisa menyerahkan sebanyak 25 paket randang, menurut Wal Asri, sudah ada pembahasan awal dengan ACT untuk mengolah daging kurban yang dikumpulkan ACT dari berbagai peserta kurban di Sumatera Barat.
“Besok akan kita bahas lagi kerjasama pengolahan daging dengan ACT pusat secara nasional, tentu akan kita bahas bagaimana secara teknisnya daging kurban menjadi randang yang tidak profit oriented dapat diolah di sentra IKM Randang, karena untuk urusan kemanusiaan, kita juga ingin berkontribusi,” pungkas Wal Asri. (nz)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY