Ps Wadir Binmas Polda Sumbar : Satpam Harus Kenal Tugas Pokok dan Tanggungjawabnya

1105
Metro Padang.com-  Ps Wadir Binmas Polda Sumbar   AKBP Dra. Nova Linda, MH  lmenutup pendidikan dasar satuan pengamanan Gada Pratama angkatan V gelombang XIV tahun 2020 di Pantai Pasir Jambak Kecematan Koto Tangah, pada Minggu (26/07/2020).
Pada Kesempatan ini Nova Linda mengatakan,satpam dalam menyelenggarakan keamanan dan ketertiban dilingkungan /kawasan kerja khususnya pengamanan phisik seorang satpam harus mempunyai disiplin dan kejujuran di lapangan, karena salah satu unsur yang penting harus di pertahankan dalam kehidupan ini terutama kejujuran karena tanpa kejujuran siapapun tidak akan percaya apalagi seorang satpam.

Dalam melaksanakan tugasnya satpam mempunyai peranan sebagai:
1. Unsur pembantu pimpinan dalam hal pengamanan dan penertiban dilingkungan/area kerjanya.
2. Unsur pembantu Polri dalam hal pembinaan keamanan dan penegakan hukum di lingkungan/area kerjanya.

Kegiatan satpam disesuaikan dengan keadaan dan lingkungan serta kebutuhan masing-masing instansi / proyek / badan usaha yang bersangkutan sebagai penjabaran dari fungsi satpam, maka dalam melaksanakan tugasnya satpam melakukan kegiatan-kegiatan yang pada pokoknya ungkap Nova Linda

Dikatakan Nova Linda satpam, maka dalam melaksanakan tugasnya satpam melakukan kegiatan-kegiatan yang pada pokoknya sebagai berikut:
1) Mengadakan pengaturan dengan maksud menegakkan tata tertib yang berlaku dilingkungan kerjannya, khususnya yang menyangkut keamanan dan ketertiban atau tugas-tugas lain yang diberikan pimpinan instansi / proyek/ badan usaha yang bersangkutan seperti:
Tanda pengenal pegawai/karyawan, Pengaturan penerimaan tamu.
dan Pengaturan parkir kendaraan.

Dijelaskan Nova Linda Satpam dalam melaksanakan penjagaan dengan maksud mengawasi masuk keluarnya orang atau barang dan mengawasi keadaan-keadaan atau hal-hal yang mencurigakan disekitar tempat tugasnya. Begitu juga dalam melakukan perondaan sekitar kawasan kerjanya menurut rute dan waktu tertentu dengan maksud mengadakan penelitian dan pemeriksaan terhadap segala sesuatu yang tidak wajar dan tidak pada tempatnya yang dapat atau diperkirakan menimbulkan ancaman dan gangguan serta mengatur kelancaran lalu lintas dan juga satpam harus mampu Memberikan tanda-tanda bahaya atau keadaan darurat, melalui alat-alat alarm dan kode kode isyarat tertentu bila terjadi kebakaran, bencana alam atau kejadian-kejadian lain yang membahayakan jiwa, badan atau harta benda, orang banyak disekitar kawasan kerjanya serta memberikan pertolongan dan bantuan penyelamatan.

Dikatakan Nova Linda Sikap disiplin menjadikan seseorang produktif. Karena  seorang satpam  harus  sadar ‎sepenuhnya, betapa pentingnya waktu. Seorang  tidak ingin waktu yang dimilikinya ‎berlalu begitu saja tanpa aktivitas yang bermakna. Bisa dipastikan, orang yang ‎disiplin tidak pernah melakukan tindakan sia-sia, seperti nongkrong di pinggir ‎jalan tanpa tujuan yang jelas. Satpam harus mampu mempergunakan waktu seefektif dan seefisien ‎mungkin.‎

Satpam harus mampu memberikan tanda-tanda bahaya atau keadaan darurat, melalui alat-alat alarm dan kode kode isyarat tertentu bila terjadi kebakaran, bencana alam atau kejadian-kejadian lain yang membahayakan jiwa, badan atau harta benda, orang banyak disekitar kawasan kerjanya serta memberikan pertolongan dan bantuan penyelamatan. ujar Nova Linda

Lebih lanjut dikatakan Nova Linda dipandang sepintas  tugas sappan kelihatannya ringan namun tanggungjawabnya cukup berat , untuk itu setelah bertugas dilapangan berkerjalah  dengan semangat dengan disiplin yang tinggi.

Penutupan ini dihadiri oleh direktur PT Gito Perdana Sejahtera dan anggota Binmas Polda Sumatera Barat. (tis)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY