Metro Padang – Cilacap – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2020 Kodim 0703 Cilacap yang berlokasi di Desa Karangjengkol, Kecamatan Kesugihan secara resmi ditutup.
Hal ini ditandai dengan penyerahan hasil program TMMD oleh Komandan Satgas TMMD Kodim 0703 Cilacap dalam hal ini diwakili Wadan Satgas Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo kepada pihak Pemkab Cilacap dalam hal ini Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, bertempat di Pendopo Balai Desa Karangjengkol, Kecamatan Kesugihan, Rabu (21/10).
Hadir dalam kegiatan, Bupati H. Tatto Suwarto Pamuji, Palaksa Lanal Cilacap Letkol Laut (P) Wildan Ardiansyah, Kasdim 0703 Cilacap Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo beserta Perwira Staf, Kapolres yang diwakili Kasat Sabara AKP Tusiran, SH, Kadispermades Achmad Arifin Santosa, SR, SH, MM, Kepala DLH Cilacap Bpk.Awaludin Muri, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Purwati, Kasi Intel Kejari Cilacap D. Purnama SH, Wakil KPN Cilacap Sumedi SH, MH, Ka Satpol PP Cilacap Drs. Yuliaman Sutrisno, M.Si, Kemenag Cilacap H. Azis Muslim,
Tampak hadir, para Danramil jajaran Kodim 0703 Cilacap, Camat Kesugihan Basuki Priyo nugroho S.Sos, M.Si, Kades Karangjengkol Mahir Mugiarto, pengurus Persit KCK Ranting Kesugihan, Tokoh agama, Tokoh masyarakat dan para tamu undangan lainya.
Dalam sambutanya Dandim 0703 Cilacap melalui Kasdim Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan TMMD sengkuyung tahap III tahun 2020, baik secara moril maupun materil. Meskipun masih dalam masa pandemi Covid namun program tetap dapat terselenggara dengan baik aman dan lancar.
“TMMD merupakan program kerja terpadu dan berkelanjutan antara TNI dan Polri dan lembaga pemerintah yang mensinergikan program masing masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan didaerah sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi /terpencil dan daerah perbatasan, “kata dia.
Diketahui, kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III TA. 2020 di Desa Karangjengkol Kesugihan dibuka pada 22
September 2020 dan berakhir pada tanggal 21 Oktober 2020 dengan sasaran fisik meliputi pembangunan makadam jalan 700 X 3 meter, pemasangan bronjong sepanjang 66 Meter, MCK 2 unit dan RTLH 33, Dengan hasil 100%.
“Dengan berakhirnya kegiatan TMMD dengan mengucap alhamdulilah pada hari ini, Rabu 21 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB , TMMD sengkuyung tahap III TA. 2020 secara resmi saya nyatakan ditutup,” ucapnya.
Sementara itu Bupati Cilacap menuturkan, atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Cilacap menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama sama bekerja bergotong royong pelaksanaan kegiatan TMMD.
“TMMD merupakan budaya gotong royong, budaya ini tidak ada di negara lain dan budaya gotong royong merupakan budaya yang telah diwariskan leluhur kita. Budaya gotong royong juga salah satu program Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan bangga mbangun desa. Semoga kedepan program TMMD dan program bangga mbangun desa dapat terus dilanjutkan,” tutur Tatto.
Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan sejumlah bantuan untuk Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Karangjengkol, yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati, Dandim dan pejabat terkait diantaranya bantuan timbangan pijak, handy talki, meja kursi, rak arsip, speaker, bibit kelapa dan KIA untuk siswa di wilayah setempat.
(nz/Oke)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY