Program Bakti Nagari terhadap Tanggap Darurat Covid-19 di Nagari Sunur

386

Oleh: Evitayani, Rahman Ekananda Putra, Ikke Listanti

Metro Padang.com – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Andalas telah dilaksanakan di Nagari Sunur, yang terletak di kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Nagari Sunur merupakan daerah yang termasuk ke dalam salah satu daftar zona hijau di Kecamatan Nan Sabaris. Walaupun demikian, edukasi tentang pencegahan penularan COVID-19 tetap dilakukan.
Program kerja yang dilakukan mahasiswa dimulai dari mengadakan sosialisasi dan edukasi terkait cara pencegahan COVID-19 yang dilakukan dengan cara memberikan pemahaman kepada masyarakat. Program kerja selanjutnya, Program kerja yang dilakukan mahasiswa dimulai dari mengadakan sosialisasi dan edukasi terkait cara pencegahan COVID-19 yang dilakukan dengan cara memberikan pemahaman kepada masyarakat, pembuatan dan pemasangan plang covid-19 di pos pemuda serta pembagian Masker ke masyarakat nagari Sunur. Program kerja selanjutnya, Program kerja selanjutnya, dengan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap nagari, maka mahasiswa melakukan bakti sosial agar nagari Sunur menjadi lebih baik dan kesadaran masyarakat dapat bertambah. Dengan melakukan survey ke salah satu peternakan yang ada, peserta KKN melakukan beberapa program kerja yaitu: penanaman rumput gajah, penyortiran dan pemanenan ayam di salah satu kandang peternak nagari Sunur.
Melalui program ini dengan mengusung tema KKN Daring COVID- 19, mahasiswa dapat memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai cara pencegahan penularanCOVID-19, salah satunya seperti gambar berikut ini:

Gambar 1. Pembersihan dan penyemprotan disinfektan di Area NagariSunur

Dari program tersebut telah dilakukan kegiatan Penyemprotan disenfektan dan pembersihan mesjid – mesjid di wilayah nagari sunur. mencari potensi peternak peternak di nagari sunur dan mejalankan kegiatan di wilayah tersebut dengan sama sama atau gotong royong pembagian masker tidak tertinggal dari program kami karena di wilayah nagari ini berstatus wilayah hijau membantu warga dalam goro dan pengecatan ulang tugu tani. (02)

ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY