Metro Padang – Penyaluran bantuan sosial (bansos) guna membantu masyarakat di tengah Covid-19 dinilai masih banyak kendala. Pasalnya, di beberapa daerah masih dilabeli PPKM Level 4 oleh pemerintah.
Hal ini seperti yang dikatakan oleh Jasmin, selaku Direktur Distribution and Retail Funding Bank BTN yang menyebut aturan PPKM level 4 seharusnya tidak menyulitkan pendistribusian bansos itu sendiri.
“Seperti sekarang ada daerah PPKM level 4, itu dinsosnya sendiri yang tidak mau bagi (kartu), nah ini kendala bank Himbara dalam mempercepat penyaluran distribusi tadi,” ujar Direktur bank BTN dalam Press Conference.
Jasmin menjelaskan, penyaluran bansos itu melibatkan banyak pihak terkait, salah satunya adalah Dinas Sosial (Dinsos) yang membawahi langsung Kementerian Sosial (Kemensos) untuk mendistribusikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
“Sebenarnya distribusi bansos itu kan banyak pihak yang terkait, terutama dari sisi distribusi tadi meski buka rekening yang sudah sukses, kartunya juga sudah disiapkan, tetapi pada saat distribusi kartu itu ada pada pihak dinsos, jadi bank tidak bisa membagi kartu sendirian tanpa dibantu sama dinsos,” sambungnya.
Selain itu pengulangan input data ke bank terhadap data yang kurang juga menjadi alasan penyaluran bansos menjadi kendala untuk bank maupun masyarakat.
“Misalnya pada saat kita dibantu sama dinsos, distribusi 1000 kartu, ternyata cuma 700 orang yang sampai, yang 300 itu diulang lagi, data itu disampaikan ke bank, jadi ini membuat bank itu repot, ini lah yang selama ini menjadi kendala kita,” sambungnya
Menurutnya peran Dinsos dalam mendistribusikan bantuan ini cukup penting. Mekanisme pencairan bansos melalui bank Himbara pertama Kemensos RI memberikan data masyarakat yang dinilai layak mendapatkan bansos atau data calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kepada bank penyalur untuk dilakukan pembukaan rekening secara massal.
Apabila data tersebut telah memenuhi persyaratan pembukaan rekening, maka bank penyalur akan melakukan pembukaan rekening secara massal dan terpusat, kemudian dilakukan pencetakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
Apabila data yang tidak memenuhi syarat pembukaan rekening data tersebut akan dikembalikan ke Kemensos RI.  (mp)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY