Polres Agam Keluarkan 390 Surat Tilang di Minggu Pertama Operasi Zebra

2691

Metropadang.com, Agam – Kepolisian resor (Polres) Agam sudah mengeluarkan sebanyak 390 surat tilang, di minggu pertama Operasi Zebra Singgalang 2019. Tercatat 126 tilang SIM, 234 tilang STNK dan 30 penindakan kendaraan roda dua.

Rincian tersebut disampaikan Kasat Lantas Polres Agam IPTU Dedi Antonis, S.H dari operasi yang berlangsung sejak 23 sampai 30 Oktober 2019. Jumlah tersebut bisa saja terus bertambah mengingat operasi zebra masih akan berlangsung hingga 5 November 2019.

“Adapun rinciannya, 126 tilang SIM. Dan 234 Tilang STNK. Untuk penindakan terhadap kendaraan rinciannya roda dua 30,” sebutnya kepasa Metropadang.com, Kamis (31/10/2019).

Dijelaskan Kasat Lantas, Operasi Zebra Singgalang 2019 bertujuan agar pengendara tertib administrasi kendaraan bermotor dan meningkatkan kesadaran berlalu lintas.

“Kami berharap melalui Operasi Zebra bisa meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Diterangkan lebih lanjut, adapun target operasi selama Operasi Zebra Singgalang 2019, yakni pengemudi yang tidak memiliki SIM, pengemudi yang SIM-nya tidak sesuai dengan kendaraan peruntukan, dan pengemudi di bawah umur.

“Kemudian, pengendara yang melawan arus, menerobos lampu merah, serta pengemudi yang melanggar rambu atau marka dan tidak menggunakan helm,” terangnya.

Sementara untuk sasaran benda, lanjut Iptu Dedi, yakni kendaraan yang memasang lampu isyarat lalu lintas dan kendaraan yang melanggar berat muatan. Selanjutnya, kendaraan yang tidak sesuai peruntukan dan laik jalan serta melanggar peraturan lalu lintas lainnya.

“Kami mengimbau agar pengendara mematuhi peraturan lalu lintas agar aman, selamat, tertib, dan perjalanan lancar,” ujarnya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY