PLTBm Mentawai Telah Diresmikan Menteri PPN/Bappenas

2038

Metro Padang.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas dan Direktur Bisnis Regional Sumatera resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biomasa (PLTBm) di Desa Matotonan, Desa Madobag dan Saliguma Kepulauan Mentawai, peresmian itu sendiri berlangsung di Desa Saliguma, Selasa (17/9/2019).

Menteri PPN/ Bappenas Bambang Brodjonegoro menyampaikan rasa syukur karena dapat meresmikan PLTBm di Mentawai, masalah pembangunan listrik khususnya di Mentawai memang sangat diseriusi.

“Mengingat masih ada beberapa Desa di Mentawai yang masih belum tersentuh listrik dengan baik,” ujarnya.

Listrik membuat kehidupan masyarakat lebih baik, dengan adanya listrik anak sekolah bisa belajar dengan baik, serta menunjang aktivitas ekonomi masyarakat, sebut Menteri Bappenas.

“Tersambungnya listrik di setiap pelosok daerah Mentawai, pelan-pelan Kabupaten Mentawai ini bisa keluar dari ketertinggalan, dan itu semua akan kita bantu, program-program yang ada di Pusat akan kita arahkan salah satunya pembangunan jalan Trans Mentawai,” sebutnya.

Dia menyebutkan, PLTBm ini sangat menarik, karena bahan bakunya dari bahan bambu, dengan itu masyarakat bisa menanam bambu untuk di jual sehingga ada mata pencaharian.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, Kabupaten mentawai sangat membutuhkan pembangunan yang berasal dari Pusat, dan meminta agar Bappenas dapat mengarahkan pembangunan salah satunya penerangan.

“Kita meminta agar listrik bisa merata di setiap daerah pelosok Mentawai, demikian juga pembangunan jalan poros harus dituntaskan, sehingga listrik dapat didistribusikan kepada masyarakat, sehingga konektivitas antar Desa dapat tersambung,” ujar Wagub.

Kalau sudah 100 persen aliran listrik di Mentawai terhubung dengan baik, pariwisata akan semakin maju, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai akan dikenal jauh lebih baik, kalau penerangan merata, sebut Nasrul.(ii)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY