Pilkada di Payakumbuh Terpantau Aman dan Lancar

744
MetroPadang.com – Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Budhy Permana menyebut jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di daerah itu berjalan aman, lancar, tertib dan kondusif.

“Alhamdulillah di seluruh tahapan yang hingga saat ini sudah sampai ke pleno tingkat kota ini semua sudah sesuai dan berjalan aman, lancar, tertib dan kondusif,” kata dia di Payakumbuh, Selasa.

Ia mengatakan pelaksanaan protokol kesehatan saat proses pemungutan suara juga berjalan dengan baik. Sebab, seluruh pelaksana serta pemilih juga taat dengan protokol kesehatan.

Hal tersebut didapatkan dari hasil monitoring yang dilakukan pihaknya selama pelaksanaan tahapan Pilkada serentak 2020 untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar.

“Meskipun dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, semua harapan kami untuk jalannya Pilkada yang aman, lancar, tertib dan kondusif tercapai,” ujarnya.

Terkait tingkat partisipasi pemilih di Kota Payakumbuh, Budhy menyebut bahwa hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan angka pasti terkait hal tersebut.

“Perkiraannya itu 50 persen atau 51 persen, saya belum memiliki angka yang pasti untuk tingkat partisipasi, ini baru perkiraan kami,” sebutnya.

Sebelumnya, Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira mengatakan selama pelaksanaan pemungutan suara di TPS dan di tingkat kecamatan semuanya masih terpantau aman dan lancar.

“Kami dari pihak kepolisian ikut mengamankan seluruh tahapan, hal ini untuk mengantisipasi kecurangan atau segala sesuatu yang mengganggu jalannya pemungutan suara sampai terakhir penghitungan suara,” ujarnya.

Ia mengatakan untuk pengamanan TPS, personel Polres Payakumbuh yang diturunkan berjumlah 184 orang. Selain itu, pihaknya juga menurunkan personel untuk penjagaan di seluruh tahapan selanjutnya.

Hingga berita ini diterbitkan, rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat Kota Payakumbuh di Aula KPU Kota Payakumbuh masih berlangsung. (nz)

ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY