Pewarta Dr. Evita Yani S.Pt,M.Agr dan Anggita Putriana Lestari
MetroPadang.com – Kab.Kep Mentawai merupakan kabupaten yang terdapat di provinsi Sumatera Barat yang terdiri dari empat kelompok pulau utama yang berpenghuni yaitu Pulau Siberut,Pulau Sipora,Pulau Pagai Utara,dan Pulau Pagai Selatan. Mengingat bahwa kabupaten kepulauan Mentawai termasuk daerah tertinggal,masyarakat harus berusaha dengan menciptakan lapangan kerja sendiri.
Di Pulau Sipora tepatnya di desa Bukit Pamewa banyak petani yang umumnya berperan sekaligus sebagai peternak. Lokasi inilah sebagai sasaran pelaksanaan KKN tematik Faterna UNAND. Banyak petani atau peternak yang sebenarnya masih memiliki lahan kosong yang masih bisa dimanfaatkan untuk ketersediaan pakan hijauan. Lahan-lahan seperti disekitaran kandang dan pematang tegalan bisa dimanfaatkan untuk menanam rumput unggul seperti rumput gajah.
Dalam hal ini peserta KKN tematik faterna unand berupaya memperbaiki kekurangan yang ada di Desa tersebut dengan melakukan beberapa metode yaitu : memberikan surat izin kkn kepada kantor camat,kantor desa, dan kanotr polisi.  Dengan pengantaran surat ini peserta KKN mendapatkan informasi dari kepala desa  dimana tempat yang baik untuk melakukan KKN sesuai proker yng dijelaskan.
Kemudian survey lokasi tempat untuk menanam rumput gajah,lahan yang akan ditanami rumput gajah adalah lahan milik seorang warga desa Bukit Pamewa yang berprofesi sebagai petani sekaligus peternak dimana lahan tersebut kosong dan belum termanfaatkan untuk tanaman palawija.
Memudidayakan rumput gajah tidaklah susah. Petani dan peternak hanya menyiapkan tahapan-tahapan seperti berikut ini.
Pengolahan tanah,mengolah  tanah dimulai dengan membersihkan lahan dari semak serta rumput belukar,kemudian pencangkulan dan pnggemburan tanah serta pembuatan bedengan dan lubang untuk menanam rumput gajah.
Kemudian mencari bibit rumput gajah,bibit tidak terlalu tua dan tidak terlalu mudaberdiameter yang besar agar diperoleh pertumbuhan maksimal.Pengambilan bibit rumput gajah disekitaran rumah warga dekat aliran air.
Bibit dipotong miring dengan sudut 45ºC  untuk memudahkan penenaman dan mencegah pembusukan pada bibit ketika disiram.Panjang bibit sepanjang 30 cm minimal 2 ruas untu memudahkan pertumbbuhan.
Kemudian Penanaman rumput gajah,waktu terbaik unutk melakukan penanaman rumput gajah adalah ketika menjelang musim penghujan dan akhir musim kemarau. Penanaman bibit rumput gajah dengan cara yang umum diterapkan adalah dengan stek batang. Posisi batang yang ditanam miring untuk mempermudah pertumbuhan akar. (PT)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY