Metro Padang.com–Lingkungan yang bersih merupakan awal hidup sehat.Walaupun demikian kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan pada masyarakat masih kurang.Kebiasaan-kebiasaan serba asal masih terlalu melekat dalam kehidupan.

Kebersihan lingkungan sekitar rumah merupakan kewajiban seluruh warga dan mustahil terwujud jika tidak sama-sama saling menjaga.Maka dari itu perlu adanya perubahan kebiasaan pada setiap orang tentang kesadaran dan keinginan untuk peduli pada lingkungan.

Dari sinilah timbul gagasan untuk memberikan penyuluhan.Satgas Yonif R 408/SBH Pos Maubusa bersama Dinas kesehatan Kecamatan Raihat,Dpp Sertu Jaka s pada tgl 04-04-2019 melaksanakan penyuluhan tentang kebersihan lingkungan di desa Nua Derok,desa Asumanu,kecamatam Raihat,kab Belu.Prk Umar sebagai takes pos memberikan penyuluhan.Penyampen Prk Umar bahwa kebersihan dari iman,maka dari kata-kata ini sangatlah bagus.Menjaga kebersihan dapat dimulai dari hal yang paling kecil yaitu diri sendiri.

Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam menjaga kebersihan diri sendiri seperti mencuci tangan sebelum makan.Setelah menjaga kebersihan diri sendiri,perlu diperhatikan menjaga kebersihan dirumah,terkait keluarga.Dalam keluarga masalah kebersihan sangat diperhatikan dan dijaga agar keluarga tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Perwakilan dari Dinas kesehatan menyambut dengan senang adanya penyuluhan dari Satgas Yonif R 408/SBH tentang kebersihan lingkungan.

Banyak masyarakat yang belum tahu dan sadar betapa pentingnya untuk menjaga kebersihan.Penyuluhan disela-sela posyandu sangatlah perlu untuk menambah pengetahuan masyarakat terutama didaerah perbatasan.Semoga kegiatan semacam ini tetap dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan.Semoga TNI selalu menjadi pelopor dalam masalah kebersihan lingkungan.

Serka Didik sebagai Danpos Maubusa menyimpulkan bahwa sesungguhnya yang seperti kita ketahui bahwa ada banyak hal kreatif yang dapat dilakukan dengan sampah-sampah yang bisa dimanfaatkan dalam segala hal,seperti sampah organik dapat dibuat kompos/pupuk.

Banyak orang-orang kreatif telah memanfaatkan sampah menjadi bahan yang bermanfaat dan bernilai.TNI selalu berusaha untuk mwmbantu masyarakat yang membutuhkan sehingga tercipta lingkungan bersih dan masyarakat yang sehat.

LEAVE A REPLY