Pencegahan Secara Dini Gejala Animia Bersama Pukesmas dan TNI

1085

Metro Padang.com – Belu-Bertempat di desa Derok Satgas Pamtas Yonif Raider 408/SBH pos turiscain dan petugas Puskesmas Haekesak melaksanakan kegiatan sosialisasi pemberian Tablet tambah darah (TTD) di SMP JEROK Desa Derok, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu.

Pada Kamis 07 Maret 2019 di Ruangan kelas SMP Jerok para siswi di berikan tablet Fe untuk dikomsumsi, tenaga kesehatan dan anggota TNI. Tablet Tambah Darah (TTD) mengandung 60 mg Besi Elemental dan Asam Folat 400 ug. Sebelum dilakukan pemberian Tablet Fe, dilakukan penyuluhan terlebih dahulu oleh anggota Puskesmas Raihat tentang penyakit anemia danmanfaat tablet Fe bagi remaja putri.

Ibu Bidan juga menjelaskan, ” Proses pemberian Tablet Fe selanjutnya akan dilaksanakan seminggu sekali sesuai dengan jadwal disepakati setiap hari Kamis, UPT. Puskesmas Raihat dan anggota TNI, akan malaksanakan monitoring terkait pemberian tablet tambah darah pada para siswi di SMP Jerok yg akan dilaksanakan oleh guru sekolah/walikelas dengan frekuensi pemberian 1x seminggu pada hari yang telah ditetapkan”.

Komandan Pos Turiscain Lettu inf Satria Kadir Muda menyampaikan sudah bekerja sama dengan pihak Puskesmas Raihat untuk melaksanakan tugas dan kewajiban diluar dari kegiatan Tupoksi terutama menyangkut kesehatan anak-anak kita, yang nantinya akan menjadi penerus bangsa dan negara.

Diharapkan dengan adanya program pemberian tablet tambah darah pada remaja putri ini dapat menurunkan gejala anemia pada remaja putri sehingga mereka dapat memiliki kesehatan yang optimal menjelang kehamilan dan semoga dengan rutin meminum tablet tambah darah ditunjang pemberian nutrisi yang baik, remaja putri di Kecamatan Raihat menjadi remaja yang lebih sehat.kegiatan seperti ini juga merupakan salah satu wujud kepedulian satgas Yonif Raider 408/SBH terhadap kesehatan anak-anak di perbatasan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY