Pemko Payakumbuh Lomba Lembaga Pemberdayaan Masyarakat

954

Metro Padang.com – Payakumbuh, Pembangunan merupakan hal penting dalam memajukan sebuah kelurahan. Dan hal ini dilakukan dengan terus berinovasi agar pembangunan yang diinginkan dapat terwujud. Ucap Walikota yang diwakili Asisten 2 bidang administrasi umun Elzadaswarman dalam sambutannya ketika memberikan pengarahan pada acara penilaian Lomba Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Berprestasi Tahun 2019 tingkat kota Payakumbuh di aula ngalau indah lantai 3 Balaikota baru ex. Poliko, Selasa (24/9/2019).

Lebih lanjut asisten 2 menyampaikan LPM merupakan lembaga kemasyarakatan yang berperan aktif dalam pembangunan sebagai mitra pemerintah dan pihak lain.

“Untuk itu LPM harus tetap dijaga dan ditingkatkan sebagai lembaga kemasyarakatan yang mampu menggerakkan pembangunan di segala aspek kehidupan. Sebab LPM berperan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan masyarakat dalam pembangunan partisipatif”, ungkap Om Zed sapaan akrab Asisten 2 tersebut.

Selanjutnya, mantan Kepala Dinas Kesehatan kota Payakumbuh tersebut juga mengatakan bahwa penilaian lomba LPM Berprestasi merupakan salah satu bentuk program penyelenggaraan pemerintah umum dalam rangka koordinasi pembinaan lembaga dan organisasi masyarakat.

“Penyelenggaraan Pemerintahan yang profesional dalam tata kelola pemerintahan yang baik akan mewujudkan Nawacita pertama yaitu menghadirkan negara di tengah masyarakat. Begitu pula dengan bidang Kewilayahan Kelurahan demi terwujudnya Kelurahan yang mandiri, maju dan sejahtera pula”, imbuhnya.

Adapun tujuan dari pelaksanaan lomba LPM Berprestasi untuk dapat mendorong sinergitas antara peran pemerintah kelurahan dan partisipasi aktif masyarakat dan lembaga kemasyarakatan di kelurahan dalam proses pemberdayaan dan kemandirian masyarakat. Kegiatan penilaian terbagi dalam dua sesi yakni penilaian dalam sesi ekspose dan wawancara yang berlangsung tanggal 24 september dan penilaian kunjungan lapangan terhadap tiga nominasi LPM terbaik nantinya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah kota Payakumbuh Erwan selaku panitia pelaksana menyampaikan, untuk peserta lomba LPM Berprestasi ini merupakan LPM terbaik dari setiap kecamatan sekota Payakumbuh.

“Dan LPM ini sebelumnya telah dipilih atau ditetapkan dari kecamatan. Serta di tahun 2019 ada 5 LPM yang akan mengikuti penilaian, diantaranya LMP Taratak Padang Kampuang dari Payakumbuh Utara, LPM Padangdata Tanahmati dari Payakumbuh Barat, LPM Payobasuang dari Payakumbuh Timur, LPM Sawahpadang Aua Kuniang dari Payakumbuh Selatan dan terkahir LPM Koto Panjang Padang dari Lamposi Tigo Nagori”, ungkap Erwan.

Erwan juga mengatakan untuk LPM terbaik pertama nantinya akan mendapatkan reward berupa studi komparatif dan juga akan mewakili kota Payakumbuh pada lomba LPM Berprestasi tingkat Provinsi”, jelas nya.

Tim penilai dalam lomba ini terbagi dalam 3 kelompok dan juga dalam aspek penilaian. Yang mana untuk kelompok pertama meliputi aspek sarana dan prasarana, kinerja, evaluasi dan pelaporan serta hubungan kelembagaan.

Selanjutnya untuk kelompok kedua meliputi penilaian aspek inisiatif dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat serta swadaya masyarakat, inovasi serta partisipasi masyarakat.

Kemudian kelompok ketiga meliputi aspek tanggap dan siaga bencana, pengaturan investasi, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan dan lingkungan hidup, ekonomi dan juga penanggulangan kemiskinan.

Selain walikota payakumbuh yang diwakili Asisten II Bidang Pemerintahan dan Umum, Elzadaswarman turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Staf Ahli bidang ekonomi, keuangan, dan pembangunan Syahril, Kepala bagian Pemerintahan Erwan, Ketua LPM masing-masing peserta lomba, Ketua DPC LPM se-kota Payakumbuh, unsur kecamatan, kelurahan, pengurus LPM Kelurahan, karang taruna, PKK RT dan RW, hadirin dan undangan lainnya.(red(

BAGIKAN

LEAVE A REPLY