Pemkab Pesisir Selatan Fokus Bangun Sarana Kesehatan dan Nagari

516
MetroPadang.com – Pemkab Pesisir Selatan fokus membangun bidang kesehatan, salah satunya meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan hingga ke nagari-nagari. Demikian dikatakan, Kadis Kesehatan Pesisir Selatan, dr.Satria Wibawa, Jumat (10/7) di Painan.
Disebutkan, saat ini keberadaan sarana kesehatan seperti Pusat Kesehatan Nagari (Puskesri) yang merupakan sarana pelayanan dasar kesehatan sangat penting dalam rangka mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
“Terkait hal itu, maka kita  meminta agar pemerintah nagari membangun sarana pelayanan dasar kesehatan yaitu Puskesri tersebut,” katanya.
Disebutkan, keberadaan Puskesri di nagari sangat penting untuk mendekatkan pelayanan kesehatan pertama kepada masyarakat.
“Bila nagari sudah memiliki Puskesri, maka Dinas Kesehatan akan berupaya menempatkan tenaga kesehatan disana,” ucapnya.
Sementara itu disisi lain, Puskesmas yang juga sebagai fasilitas pelayanan kesehatan, dituntut mampu melakukan inovasi dan berbagai terobosan-terobosan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
“Selanjutnya, Puskesmas diminta dapat menyelenggarakan upaya pemenuhan hak kesehatan terhadap anak, atau yang dikenal dengan Puskesmas Layak Anak (PLA), maka permasalahan kesehatan akan dapat teratasi dan terpenuhi,” ucapnya.
Oleh karena itu, kepada kepala Puskesmas diminta memiliki inovasi dan berbagai terobosan agar langkah-langkah untuk menuju Puskesmas Layak Anak tersebut bisa tercapai,” harapnya.
Ditambahkan bahwa anak sebagai generasi masa datang harus dirangsang memiliki mental yang tangguh, berkepribadian baik, serta memiliki daya saing. (MP)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY