Pemkab Pasaman Dapat Bantuan Alsintan dari Gempita

851

Metro Padang.com – Bupati Pasaman Yusuf Lubis menerima langsung bantuan melalui Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) Kabupaten Pasaman, satu unit traktor untuk dimanfaatkan oleh petani setempat dalam mengolah lahan pertanian.

Bantuan alat sistem pertanian (Alsintan) berupa traktor tersebut merupakan program Menteri Pertanian RI. Diserahkan oleh Koordinator Gempita Sumatera Barat, Nurkhalis, Rabu 31 Oktober 2018.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengapresiasi langkah Gempita menyerahkan satu unit traktor untuk membantu para petani di daerah itu mengolah lahan pertanian milik mereka.

“Saya Bupati Pasaman, atas nama masyarakat mengucapkan ribuan terimakasih atas bantuan traktor dari Gempita ini. Traktor ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pertanian. Semoga mampu mendukung peningkatan produksi padi para petani. Apalagi Pasaman, dikenal sebagai salah satu daerah lumbung padi di Sumatera Barat” kata Yusuf Lubis.

Semua kelompok tani di daerah itu bisa menggunakan bantuan tersebut, asal dijaga dengan baik. Pemkab Pasaman, terus mendorong pengembangan pertanian.

“Untuk meningkatkan kualitas dan pengembangan pertanian di Pasaman, kelompok tani bisa meminjam traktor ini, dengan catatan, harus dijaga dan dirawat dengan baik,” katanya.

Koordinator Gempita Provinsi Sumatera Barat, Nurkhalis mengatakan, bantuan traktor tersebut berasal dari Menteri Pertanian, sebagai upaya memodernisasi pertanian dan meningkatkan produktifitas pertanian.

“Gempita hadir untuk membina para petani, sebagaimana arahan Menteri Pertanian, Amran Sulaeman. Alsintan ini untuk membantu para petani binaan Gempita, bahwa Gempita Sumbar memiliki 216 Kelompok Tani (Keltan) binaan. Sementara di Kabupaten Pasaman, Gempita memiliki binaan sekitar 10 keltan.

Gempita akan terus berupaya melakukan pendampingan kepada petani dan traktor ini silahkan dipakai, digunakan untuk pengolahan lahan pertanian. Ini semua gratis. Gempita, akan terus memberdayakan masyarakat petani agar lebih sejahtera,” tutupnya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY