Pemkab Mentawai dan masyarakat lakukan penanaman bibit pohon cemara udang

842

Metro Padang.com – Kodim 0319 bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan lapisan masyarakat melakukan penanaman bibit pohon cemara udang (cemara laut) di sekitar pesisir pantai Mapaddegat desa Tuapejat kecamatan Sipora utara.

“Kita melakukan penanaman 1.000 bibit pohon cemara udang di Mentawai dan targetnya 1 juta batang disebar di seluruh wilayah pesisir Sumatera barat sebagai salah satu upaya mitigasi bencana di daerah rawan tsunami,” ujar Letkol Czi Didid Yusnadi Dandim 0319 Mentawai, Sabtu (30/3/2019).

“Jumat lalu kita sudah tanami sebanyak 200 batang di pantai Mapaddegat, dan saat ini ditanam sebanyak 100 batang. Rencananya, Minggu kita lanjutkan menanam sebanyak 100 batang,” tutur Letkol Czi Didit Yusnadi.

Selain di Sipora utara, ia katakan bahwa penanaman bibit cemara udang juga dilaksanakan di 4 wilayah koramil Kodim 0319 Mentawai dan masing-masing 150 batang yakni di kecamatan Siberut Utara, Siberut Selatan, Sipora selatan dan Sikakap.

“Kami sangat berterimakasih dan mendukung kegiatan penanaman pohon cemara udang ini untuk melindungi kawasan pantai Mapaddegat yang merupakan kawasan wisata bahari.

Harapan kami masyarakat mau bersama-sama menjaga kelestarian pohon ini,” kata Pusuibiat Kepala Desa Tuapejat.

Diketahui, vegetasi cemara udang sangat baik sebagai pemecah angin di kawasan pantai yang rentan terhadap bahaya angin kencang dan tsunami. Selain itu sangat potensial untuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah pantai berpasir serta mampu menahan angin laut dan uap air laut yang mengandung garam sehingga mendorong perbaikan lingkungan dan membuat lahan menjadi produktif.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY