Metro Padang -Pemerintah Kabupaten Dharmasraya bekerjasama dengan Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) menyerahkan 28 hewan qurban, untuk dibagikan ke sejumlah nagari yang membutuhkan dalam perayaan Idul Adha tahun ini.
28 hewan qurban yang terdiri dari 25 ekor sapi dan 3 ekor kambing ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, di Pasar Ternak Gunung Medan, Senin (19/7/21).
Menurut laporan Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Bobby Perdana Riza, 28 hewan qurban ini merupakan sumbangan dari Forkopimda, OPD, Perusahaan, Perbankan dan KUD di Kabupaten Dharmasraya.
“Istimewa pada tahun ini, ada sumbangan hewan qurban juga dari KUD, yakni KUD Sinamar berupa 1 ekor sapi. Semoga ini dapat menjadi pemicu bagi KUD-KUD yang lain untuk bekerjasama dengan LKKS, menyumbangkan hewan qurban bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.
Secara total, sebut Bobby, jumlah hewan qurban dari 11 kecamatan se Kabupaten Dharmasraya tahun ini mencapai 1.344 ekor. Yang terdiri dari 20 ekor kerbau, 1.199 ekor sapi dan 125 ekor kambing. Namun demikian, imbuhnya, jumlah tersebut tidak terdistribusi merata di setiap nagari. Ada nagari yang hewan qurbannya melimpah, mencapai ratusan. Ada pula yang minim, hanya 1 ekor.
“Itulah kenapa pemerintah daerah bekerjasama dengan LKKS berupaya meratakan distribusi ini. Sehingga nagari yang kekurangan hewan qurban bisa kita bantu dengan bantuan dari berbagai pihak yang menyumbang di LKKS,” ujarnya.
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada pihak pihak yang sudah berkenan memberikan kontribusi langsung sebagai penyumbang hewan qurban.
“Semoga tahun depan lebih banyak lagi pihak yang berpartisipasi, terutama perusahaan. Sehingga kita bisa merasakan kebahagiaan Idul Adha secara bersama, terutama dengan masyarakat yang membutuhkan. Mari kita berdo’a dan menyisihkan uang kita lagi mulai besok, agar bisa kembali berqurban tahun depan,” ungkap bupati. (mp)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY