Pemerintah Desa Saliguma, Kec. Siberut Tengah Gelar Musyawarah Musrembangdes

1158
MetroPadang-Mentawai, Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Saliguma Kecamatan Siberut Tengah, Kabupaten kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, menggelar Musyawarah Pembangunan Desa (Musrembangdes) untuk menampung aspirasi warga dengan harapan pada tahun 2022 bisa diakomodir oleh pemerintah kabupaten maupun provinsi, Jumat (05/02/2021).
Acara yang dihajat di Balai gedung serbaguna dihadiri oleh Kepala Desa dan perangkatnya, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Perwakilan dari tim kecamatan (Sekcam) ,Tokoh Masyarakat serta Pendamping Desa Notawan.
Dalam kesempatan ini Sekdes Saliguma, Mateus, mengatakan, yang mana saat musrembang itu digelar warga kompak mengusulkan prioritaskan pembangunan, terkait musrembang untuk tahun 2022 ini, seperti biasa semua yang di usul masyarakat pada umumnya mengacu pada anggaran skala besar, diantaranya : dibidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan, transfortasi laut kapal antar pulau agar dapat masuk ke dermaga Desa Saliguma, juga sebelumnya warga Desa Saliguma melalui tim dari Kecamatan telah mengusulkan banyak hal di berbagai sektor pembangunan, ujarnya.
“Semua usulan ini akan dijadikan sebagai acuan untuk prioritas pembangunan tahun 2022 mendatang. Nantinya, apa yang diusulkan ini akan kembali kita bahas di musrembang tingkat kecamatan,” sebut Mateus selaku Sekretaris Desa Saliguma kepada media, Jumat (05/02/2022).
Dijelaskan Sekdes, seperti kegiatan pembangunan tambatan perahu, bedah rumah, sanitasi setiap rumah, dan pemberdayaan terkait peningkatan ekonomi masyarakat, pengadaan bibit pinang, bibit porang, usulan ini semua telah di input oleh Kecamatan agar dapat terealisasi pada tahun 2022 mendatang, ungkapnya.
Lanjutnya, Musrenbangdes ini merupakan program dari Pemerintah Pusat yang digelar setiap tahunnya, yang mana mewajibkan setiap instansi bersangkutan untuk terjun langsung ke tengah tengah masyarakat desa guna menjaring aspirasi mulai dari bawah dengan sekala prioritas, ucap Sekdes Saliguma, Mateus, mengakhiri. (yeni)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY