Pemda Butuh Instrumen Digital Untuk Mengelola Isu Publik

311
Metro Padang – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan Junaidi ikuti Sinergitas Pengelolaan Isu Publik Kewilayahan Provinsi Sumatera Barat Melalui Integrated Media Monitoring dan Tata Kelola Smart City bertempat di Pangeran Beach Hotel Padang, Senin (6/9).
Kegiatan tersebut diikuti guna menyikapi pesatnya pertumbuhan informasi yang rawan bias sehingga akurasi dan kecepatan untuk merespon informasi sudah seharusnya menjadi perhatian Pemerintah Daerah.
“Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini, pertumbuhan informasi pun semakin berlimpah. Hal ini tentu diiringi pula dengan semakin besarnya tantangan terhadap pengendalian informasi”, katanya.
Ditambahkannya, mengikapi fenomena itu pemerintah daerah sudah saatnya memerlukan suatu instrumen digital yang mampu membantu mengelola isu publik sehingga pengawalan terhadap keabsahan informasi dan komunikasi publik yang informatif tetap terjaga.
“Pengawalan terhadap keabsahan diseminasi informasi dan komunikasi publik bukan berarti mengekang publik untuk berekspresi karena mencari, menerima dan menyebarkan informasi dan gagasan dalam bentuk apapun, dengan cara apapun adalah hak setiap orang yang sudah dijamin dalam Konstitusi kita,”, jelasnya.
Salah satunya melalui pembangunan sebuah super App yang diharapkan mampu menjadi one stop information center maupun kanal pengaduan masyarakat.
“Saat ini Provinsi Sumatera Barat sedang menyiapkan program transformasi digital untuk meningkatkan sinergitas Provinsi maupun kabupaten kota. Salah satunya melalui pembangunan sebuah super app yang diharapkan mampu menjadi one stop information center maupun kanal pengaduan masyarakat langsung ke Gubernur dan Wakil Gubernur”, ungkapnya.
Selain itu hal ini merupakan bagian dari target menuju smart city yang secara spesifik dapat memberikan layanan publik, yang sekaligus menjadi daya tarik wisatawan, investor, dan kalangan professional lainnya.
Sebagaimana diketahui Seminar tersebut menghadirkan Dewan Penasehat PWI Pusat, Edward Depari, Penasehat Senior Kebijakan Ekonomi Kementrian Perindustrian Affan Alamudi, Direktur PT. Digivla Indonesia Reza Maulana selaku narasumber, juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Dedy Diantolani, Kepala Dinas Kominfotik serta Humas seluruh Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat selaku peserta. (mp)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY