MetroPadang.com— Pemko Payakumbuh, Sumatera Barat mulai menyalurkan bantuan Jaringan Pengaman Sosial (JPS) tahap pertama yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kepada wargaterdampakCOVID-19.

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh Yunida Fatwa di Payakumbuh, Rabu, mengatakan bantuan tahap pertama ini dicairkan untuk warga Payakumbuh Selatan dengan total penerima 670 KK.

Ia menyebutkan total warga Payakumbuh yang akan menerima bantuan JPS yang berasal dari APBD berjumlah 7.059 KK total nilai bantuan untuk setiap penerima sebesar Rp900 ribu.

“Penyerahannya akan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu Rp300 ribu setiap bulannya. Mudah-mudahan penerima bantuan dapat memanfaatkannya sebaik mungkin,” ujarnya.

Penyerahan bantuan JPS terdampak COVID-19 itu sempat disoroti DPRD Kota Payakumbuh karena dinas terkait dinilai kurang cepat dalam menyalurkan.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) II percepatan penanganan COVID-19 DPRD Payakumbuh YB Dt Parmato Alam mendesak pemerintah daerah setempat untuk segera melakukan pencairan dana bantuan tersebut.

Menurutnya, bantuan JPS ini seharusnya mulai disalurkan pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Karena banyak masyarakat yang aktifitasnya terganggu. (MP)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY