Metro Padang.com-Wisata pantai Sundak cukup populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Pantai Sundak juga menjadi salah satu tujuan wisata andalan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul. Karena menjadi objek wisata andalan pemerintah daerah, pantai ini memiliki lingkungan yang cukup bersih dan terawat dengan baik dan masih dikelola oleh masyarakat setempat.

Pantai ini konon memiliki legenda atau cerita. Pantai sebelumnya bernama Wedimbedah yang artinya pasir terbelah. Karena pada saat musim hujan, air akan mengalir dari daratan ke pantai dan pasir membelah jalurnya sehingga menjadi sungai kecil. Nama itu kemudian diubah pantai sekitar tahun 1976 menjadi Sundak karena ada kisah yang benar-benar terjadi latar belakang penamaan, yang terinspirasi dari hewan yang bertarung dengan dua anjing dan landak.

Cerita bermula saat seekor anjing penduduk lokal berlarian mencari makanan dibibir pantai. Hingga akhirnya anjing menemukan landak di dalam gua yang terbentuk dari batu besar tidak jauh dari pantai. Selanjutnya, terjadi perkelahian antara dua binatang dan kemudian anjing itu bisa memenangkan pertarungan dan berhasil memangsa landak. Arjasangku pemilik anjing terkejut melihat anjingnya keluar dari gua, membawa potongan-potongan tubuh landak dalam keadaan basah kuyup.

Tidak disangka ternyata anjing selain menemukan landak di dalam gua juga menemukan air mancur. Kisah ini telah menyebar di tengah keadaan kekeringan penduduk setempat. Sejak saat itu di pantai nama Wedimbedah diganti dengan nama Sundak dan kunjungan wisatawan semakin ramai.Pantai Sundak Istimewa Pantai

Sundak menawarkan pemandangan dan suasana khusus di antara tebing di sisi timur dan barat. Hamparan pasir putih bersih menambah keindahan pemandangan di pantai ini. Keistimewaan lain dari pantai ini adalah keberadaan batu-batu kecil yang tersebar hingga sekitar 30 m dari garis pantai. Permukaan karang itu tidak kasar tetapi halus dan akan terasa lunak di kaki karena permukaan karang yang tertutupi tumbuhan laut menyerupai rumput.

Sambil terus menikmati keindahan pantai ini Anda bisa mencoba mengunjungi warung makan terdekat. Sebagian besar warung tesebut menyediakan menu makanan ikan bakar, nasi dan mie ayam Rames. Anda biasanya mencoba mengunjungi toko yang terletak di garis pantai yang menghadap ke selatan. Menu dengan warung makanan lain sesuka hati, tetapi jika kita bisa berada di toko ini kita bisa melihat pemandangan di laut lepas.

Fasilitas
Ada warung atau toko untuk makan para wisatawan yang menyajikan hidangan ikan. Selain itu wilayah ini menyediakan fasilitas kamar mandi dan ruang sholat.
Tempat penginapan belum tersedia, tetapi dapat ditemukan di pantai barat Sundak yaitu pantai Kukup, Krakal atau pantai Baron.

Lokasi Objek wisata Pantai Sundak berbatasan dengan objek wisata pantai Kukup, pantai Krakal, Pantai Drini dan pesisir Baron. Pantai Sundak Gundes Pule terletak di dusun, desa Sidoharjo, Tepus Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jika Anda akan menggunakan transportasi umum, Anda dapat mencari bus di Bus. Selanjutnya, setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam, maka Anda yang berada di pasar mencapai Wonosari. Setelah bus naik departemen kecil atau pantai Krakal Baron. Sekitar 40 menit kemudian Anda tiba di Sundak

BAGIKAN

LEAVE A REPLY