By: Kharisma Annisa Aprilia (mahasiswa biologi unand)
Metro Padang – Tanaman bidara merupakan tanaman dengan daun yang berbentuk bulat panjang, berduri kecil,pohon kecil, dan kebanyakan tumbuh didaerah kering. Dalam penafsiran ibnu katsir, pohon in akan ada di surga sebagai tempat berteduh bagi seluruh penghuninya kelak. daun ini juga  memiliki banyak khasiat salah satunya untuk masalah kesehatan yang metodenya sesuai dengan kajian islam dan teruji pada lab bagian kesehatan.
Daun bidara diketahui kaya akan polifenol,siklopeptida,alkaloid,saponin dammarane, vitamin,mineral,asam amino,dan asam lemak tak jenuh ganda. Daun ini bisa mengusir jin dan sihir karena karena allah telah menyebutkan tanaman ini dalam al-qur’an.
 “tanaman ini ampuh melindungi rumah dari jin sekaligus membersihkan rumah dari aura negatif makhluk gaib yang dapat mengganggu aktifitas beribadah seorang muslim”, kata ibu Endang.
“tanaman ini bisa untuk merukiyah orang dan saya sudah pernah mencoba nya untuk self healing yang bertujuan mendekatkan diri kepada allah dengan membuang sifat buruk dengan bantuan daun bidara ini,” kata Aan.
Daun bidara ini sudah lama di mention Nabi Muhammad SAW dimana digunakan sebagai penangkal gangguan sihir dan sebagai pelengkap prosesi rukyah.
Tanaman ini juga disebutkan didalam Al-Qur’an dimana tanaman ini berarti sebagai tanaman istimewa yang serba guna yang bisa dijadikan obat atau penawar penyakit baik itu penyakit mental , penyakit hati, atau pun kerusakan tubuh lainnya.
Daun ini juga merupakan daun yang berasal dari surga yang akan melindungi umat yang berteduh dibawahnya. Dan sekarang sudah mulai banyak orang yang membudidayakan tanaman ini baik untuk memenuhi kebutuhan ekonomi ataupun sebagai tanaman hias yang merangkap menjadi tanaman obat yang bisa digunakan kapan saja.
Khasiat daun bidara secara ilmiah sangat banyak yaitu
Meredakan jerawat, Anti kanker, Anti bakteri , Membersihkan kulit dari kotoran, Menjaga kulit dari kerusakan terutama dari sinar uv matahari.
Hal ini dikarenakan bidara mengandung sejumlah aspek yang sangat bermanfaat bagi manusia sehingga menjadikan tanaman ini menjadi salah satu tanaman herbal paling bermanfaat,
“daun ini sangat ampuh untuk dijadikan obat jerawat dan di jadikan sebagai air rebusan yang nantinya akan diminum dengan membaca basmalah dan diikuti shalawat nabi, maka tubuh terasa ringan dan sifat keras hati dan kepala di tubuh akan menghilang seiring berjalannya waktu asalkan kamu meminum nya dengan rutin,” Ujar feishya salah satu teman saya.
Selain itu manfaat daun bidara tidak hanya sebatas kesehatan raga tetapi juga bisa mengatasi kesehatan mental dan hati kita. Manfaat daun bidara dalam mengobati mental dan hati telah di mention dalam alquran dan hadist Nabi SAW dimana daun bidara ini dapat mengatasi gangguan sihir, Hal ini bisa dilakukan dengan cara menumbuk 7 helai daun bidara lalu larutkan dalam air yang bisa diminum dan dituangkan sedikit untuk kita minum lalu sisanya siramkan ke seluruh bagian rumah terutama disudut ruangan. Maka dengan izin allah rumah terhindar dari sihir dan jin yang mengganggu.
Pengobatan rukyah diri dengan cara menumbuk 7 helai daun lalu dihaluskan dan dilarutkan dalam air yang bisa digunakan untuk minum dan mandi dan dibacakan ayat kursi, surat al falaq,al kafirun, al ikhlas, dan an naas.
Membuang jin dalam tubuh. Metode pengobatan ini bisa dilakukan sendiri dengan menumbuk halus 7 lembar daun bidara lalu dilarutkan kedalam air yang sudah dibacakan ayat kursi dan surat an-naas, al-falaq, dan al ikhlas.
Airnya bisa dijadikan sebagai air mandi jenazah.Memandikan jenazah dengan air bidara merupakan sebuah sunnah karena berguna untuk membersihkan najis pada tubuh mayat. Airnya bisa dijadikan air mandi wanita haid. Daun bidara juga disunnahkan untuk mandi junub wanita haid yang hendak bersuci.
Karena tumbuhan bidara ini sangat istimewa dan mempunya khasiat yang baik bagi kesehatan maka sekarang sudah banyak yang membudidyakan tanaman ini baik sebagai hiasan maupun sebagai kebutuhan. budidaya tanaman bidara ini merupakan gerakan yang biasa disebut dengan botani Al-Qur’an.
“penggunaan daun bidara untuk kesehatan sangat lah benyak terlebih ,metode pengobatan telah tertera di dalam al qur’an dan hadist nabi dimana kita hanya perlu menjalankan sesuai petunjuk demi kebaikan diri sendiri maka tidak ada salahnya mencoba”. Ibu Endang berkata demikian ketika saya meminta pendapat.
 Itulah beberapa khasiat daun bidara dalam islam.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY