MAN 1 Payakumbuh Dapat  Penghargaan Adywiyata dari Gubernur Sumbar

935

Metro Padang.com – Payakumbuh,Sebanyak 53 sekolah tingkat SD, SMP, SMA di Sumatra Barat (Sumbar) mendapatkan penghargaan Adiwiyata 2018 tingkat provinsi yang diserahkan langsung oleh Gubenur Sumbar Irwan Prayitno di Hotel Kyriad Bumiminang Padang, pada Rabu (21/11/2018). Pada akhir tahun 2017, sebabyak 550 sekolah di Sumbar sudah menjalankan program adywiyata merata di 19 kota / kabupaten di sumatera barat.

Sesuai SK Gubernur Nomor 660/731/2018, tanggal 4 Oktober 2018 tentang penetapan sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sumbar tercatat ada 3 SMA dan 1 MAN, sedangkan untuk SMP ada 15 sekolah serta 6 MTSN. Lalu, ditingkat SD ada 26 sekolah, 1 Madrasah Ibtidaiyah Negri (MIN), dan 1 sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS). Untuk tingkat MAN sebagaimana tercantum di SK tesebut adalah diraih MAN 1 Payakumbuh

Sebagaimana ditetangkan Kepala MAN 1 Payakumbuh, Dra. Refinel, M. Pd pada Kamis (22/11/2018) pagi.

“Alhamdulillah, MAN 1 Payakumbuh meraih penghargaan dari gubernur sumbar sebagai sekolah Adiwiyata tingkat provinsi. Tentunya semua itu atas kerjasama dan sama-sama bekerja, khususnya pihak terkait. Terima kasih untuk semua pihak yang telah ikut bersama-sama mendukung proses dan suksesnya kegiatan, hingga prestasi yang kita raih ini. Terima kepada keluarga besar jajaran Kankemenag dan jajaran pemko Payakumbuh, Camat Latina, teristimewa keluarga besar MAN 1 Payakumbuh dan komite,” sebut Refinel.

Dikatakannya, dengan program tersebut dapat terciptanya lingkungan sekolah yang bersih, sehat, hijau, asri dan tertata dengan rapi. Serta dapat menjadi sarana edukasi pendidikan. Para siswa dapat belajar bagaimana membangkitkan kepedulian terhadap lingkungannya. Dengan itu mereka dapat menerapkan itu di daerah tempat tinggalnya masing-masing,” ulasnya.

Kala itu, ucap Refinel, Gubernur Irwan Prayitno berpesan agar sekolah dan madrasah yang telah meraih penghargaan agar terus mengembangkan kurikulum sekolah dengan mengintegrasikan lingkungan dalam setiap mata pelajarannya. Semua personil yang ada peduli dengan sampah, serta paham dalam mengelola sampah.

Kebahagian terbesar juga dirasakan Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh, sebagaimana disampaikan Kasi Pendidikan Madrasah H. Darius S. Ag.

“Kita sangat bangga, beberapa tahun belakangan madrasah telah ikut berkontribusi dalam penciptaan lingkungan belajar yang asri. Selain itu kita juga berterima kasih kepada pemerintah daerah yang selalu melibatkan madrasah dalam segala ajang. Ini bukti bahwa sinergitas lintas sektoral berjalan kondusif di Payakumbuh Prestasi ini merupakan amanah besar bagi kita, bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat menjadi budaya di madrasah, bukan dikala lomba semata kita berpacu. Tapi madrasah memiliki peran strategis dalam pendidikan PHBS di lingkungan masyarakat,” ungkap Darius, bangga.

Dari pantauan humas, ucapan selamat untuk keluarga besar MAN 1 Payakumbuh tampak mengalir dari jajaran Pemko Payakumbuh, pimpinan OPD, Camat, Kepala Puskesmas Latina, Penyuluh Kesehatan, Kepala Sekolah dan tokoh masyarakat beserta alumni MAN 1 Payakumbuh.

Disamping menyerahkan pengjatgaan adywiyata, pada rabu itu Gubernur Irwan Prayitno juga menyerahkan penghargaan Kalpataru tingkat Provinsi Sumbar kepada 5 tokoh penggiat, yakni Zofrawandi, LA Adventure Nyarai, Turtle Sea Jambak, Laskar Pemuda Peduli Lingkungan dan Cinta Bahari Nusantara.(

BAGIKAN

LEAVE A REPLY