LPPM Unand Dampingi Kelompok Usaha Rumah Tangga Suka Maju, Salayo Solok Untuk Mandiri

6435

Metro Padang.com – Untuk meningkatkan potensi ibu rumah tangga dan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga hal yang sangat penting bagi pengelola sumberdaya dalam keluarga. Ibu  mempunyai kemampuan meningkatkan potensi ekonomi yang dimiliki secara baik,  hal ini dikatakan  Verni Juita  Dosen  Jurusan Akutansi Universitas Andalas pada  Jumat (25/12).

Dikatakan Verni Juita  untuk membantu peningkatan taraf hidup keluarga. Dengan semangat yang tinggi ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok usaha Rumah Tangga Suka Maju, Jorong galanggang tangah Salayo Kabupaten Solok terus berusaha mencari cara untuk menguatkan kemampuan dan potensi mereka untuk bisa mandiri secara ekonomi. Kelompok usaha yang dipimpin oleh Ildaweti inimelakukan sharing keterampilan dan menghasilkan produk untuk dijual dengan dana swadaya dari anggota kelompok. Tantangan pendanaan, pembenahan administrasi organisasi, penguatan produksi dan pemasaran merupakan factor-faktor yang sulit mereka atasi untuk bisa mandiri. Akan tetapi mereka terus berusaha bersinergi dan berusaha mendapatkan support dari berbagai pihak untuk kemajuan usaha dan kelompok mereka.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas dengan Skema Program Kemitraan Masyarakat Membantu Usaha Berkembang, memberikan dukungan kepada kelompok usaha Suka Maju untuk mendapatkan pendampingan dan bantuan pengelolaan usaha. Tim yang diturunkan terdiri atas: Verni Juita (Prodi Akuntansi), Besty Novianda (Prodi Ilmu Ekonomi) dan Rico Adrial (Prodi Fisika), kemudian melakukan beberapa kegiatan dalam rangka mengidentifikasi dan menganalisa masalah yang di hadapi oleh usaha Suka Maju. Kegiatan Identifikasi ini dilakukan melalui diskusi baik online maupun offline dan memeriksa berbagai dokumentasi yang dimiliki kelompok ini.

Dikatakan Verni Juita Tim pengabdi merumuskan berbagai program dan strategi jangka pendek dan jangka Panjang dalam rangka membantu penyiapan kemandirian ekonomi dari Usaha Rumah Tangga ibu-ibu ini. Berbagai program pendampingan usaha berkembang dalam rangka membantu memberi solusi dari permasalahan utama yang dihadapi kelompok ini secara umumdilakukan dengan carapembenahan administrasi organisasi, penguatan skill dan potensi produk, perumusan strategi produksi dan pemasaran jangka pendek dan jangka Panjang dengan menggunakan metode offline dan online. Selain itu juga akan di siapkan program dan strategi dalam rangka melihat peluang kerjasama dan pendanaan dari pihak lain.

Pada kunjungan akhir untuk menutup rangkaian identifikasi dan diskusi program pembenahan Kelompok Usaha Rumah Tangga SUKA MAJU di kanagarian Salayo – Solok, Tim pengabdi mengunjungi kantor secretariat Kelompok usaha tersebut pada Rabu, 23 Desember 2020.

Dalam kunjungannya, tim disambut dengan antusiasme yang tinggi dari anggota dan stakeholder dari kelompok usaha tersebut yang dapat hadir dalam diskusi. Ketua kelompok ini Ildaweti menyampaikan rasa senang dari seluruh anggotanya akan adanya dukungan dan perhatian pihak LPPM Unand untuk membantu mereka. Besar kepercayaan mereka bahwa program dan pendampingan yang akan dilakukan oleh Tim pengabdi Unand pada tahun 2021 bisa memberikan peningkatan pelaksanaan aktivitas usaha maupun organisasi yang selama ini memang mereka butuhkan.

Disisi lain, Verni Juita mewakili tim Pengabdi  berharap program pendampingan membantu usaha ini akan bisa dilaksanakan dengan baik pada tahun 2021 dan memberikan dampak besar bagi kemajuan usaha ini. Kemajuan usaha Suka Maju diyakini tidak hanya memberi dampak pada satu usaha secara spesifik, akan tetapi juga kepada sekitar 40 orang ibu-ibu yang menjadi anggota usaha ini beserta keluarganya. Dengan semangat dari kedua belah pihak, kelompok usaha ini akan berproses untuk dapat berkembang baik, membenahi usahanya dan memberi efek kesejahteraan kepada banyak keluarga di Kanagarian salayo, Solok. (02)

ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY