LIHAT APA YANG DILAKUKAN PRAMUKA CILIK BINAAN POS LAKMARAS

749

Metro Padang.com – Satgas Pamtas RI – RDTL Sektor Timur Yonif R 408/Sbh, yang dipimpin oleh Dansatgas Mayor Inf Joni Eko Prasetyo, S.IP., memiliki tugas pokok dan tanggung jawab besar terhadap Bangsa dan Negara dalam mengemban tugas di sepanjang perbatasan RI – RDTL sektor Timur. Selain menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, juga memiliki tugas lainnya untuk turut serta meningkatkan moral serta moril masyarakat di sekitar wilayah tugasnya.

Pos Lakmaras sebagai bagian dari pasukan Satgas Yonif R 408/Sbh yang tergelar, dalam mengemban tugas yang diberikan satuannya tersebut, melaksanakan kegiatan di masyarakat dengan berbagai tehnik agar tujuan tugasnya dapat terlaksana dan tercapai. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Pos Lakmaras pada hari Jumat 22 Februari 2019 adalah dengan cara memberikan pengajaran terhadap Pramuka Cilik SDK Henes di Dusun Geleba Desa Henes Kecamatan Lamaknen Selatan Kabupaten Belu NTT. Diawali dengan kegiatan mengimplementasikan pelajaran sebelumnya, yaitu tentang tata karma serta sopan santun terhadap orang yang lebih tua terlebih guru di sekolah, anggota Pos Lakmaras yang telah akrab dengan Pramuka Cilik SDK Henes melanjutkan pengajaran cara merawat tanaman dengan baik. Para murid yang diberikan tehnik perawatan tanaman sangat antusias mengikutinya. Dapat terlihat dari semangat dan keceriaan mereka dalam melaksanakan kegiatan dengan sungguh-sungguh. Kegiatan tersebut juga turut diikuti oleh para guru pendamping yang setia memberikan motivasi terhadap murid-muridnya.

Hal ini dapat dilakukan di lingkungan manapun para Pramuka Cilik berada agar dapat menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya, demikian harapan dari Praka Wahyu Indra Saputra yang rutin memberikan pengajaran kepada Pramuka Cilik SDK Henes setiap Jumatnya. Hal yang sama juga diungkapkan oleh rekannya, Pratu Wildan Yudha Herlambang. Yang bersangkutan mengungkapkan bahwa Danpos Lakmaras memberikan arahan kepada para anggota Pos Lakmaras agar dapat meningkatkan kegiatan teritorial terhadap masyarakat sekitar pos terutama para generasi mudanya agar dapat tumbuh jiwa nasionalisme dalam jiwa mereka dan senantiasa merawat kelestarian lingkungan alam sekitarnya serta menjadi generasi penerus bangsa yang dapat menjaga wilayah perbatasan di masa yang akan datang.

Ungkapan rasa syukur dan terima kasih disampaikan oleh Kepala Sekolah SDK Henes beserta para guru yang bertugas mulia untuk memberikan tuntunan pelajaran terhadap para murid-muridnya. Mereka menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh para anggota Pos Lakmaras sangat membantu mereka dalam mendidik calon-calon pemimpin bangsa agar dapat terpupuk jiwa nasionalisme dan sosial mereka. Harapannya agar apa yang dilakukan saat ini dapat terus dilaksanakan sehingga kelestarian lingkungan di wilayah Desa Henes dapat terus terjaga.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY