Kota Payakumbuh Dapat Rekomendasi Verifikasi Sebagai Kota Sehat Wisata dari Kemenkes RI

1085
Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz saat menyambut kedatangan tim verifikasi kota

Metro Padang.com – Ketua tim verifikasi kota sehat kategori wisata dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Eko Budi Yunihasto merekomendasikan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh untuk membuat lokasi khusus yang lebih spesifik dalam mengimplementasikan kota sehat.

“Misalnya dibuat Kelurahan Bebas Rokok, atau Kelurahan 3R, dan lainnya,” ujar Eko Budi Yunihasto saat melakukan verifikasi langsung ke Kota Payakumbuh terkait predikat kota sehat kategori wisata, Senin (5/8).

Menurutnya, sosialisasi kota sehat harus lebih ditingkatkan agar kesadaran hidup sehat semakin tertanam di tengah-tengah masyarakat.

“Masyarakat tahu tidak yang mana sekolah sehat? Jangan tahunya mana sekolah favorit ataupun sekolah mahal saja,” terangnya.

Selain mengeluarkan sejumlah rekomendasi kepada Pemko Payakumbuh, Eko Budi juga memberikan apresiasi atas kemauan daerah tersebut yang dari tahun ke tahun selalu ikut mengajukan diri sebagai kota sehat.

“Karena tidak semua daerah juga yang berani dan berkomitmen untuk diverifikasi. Makanya ini bukanlah lomba, namun bagaimana sebuah daerah terus berbenah untuk menjadi kota sehat,” tuturnya.

Disampaikannya, untuk tahun ini ada 202 daerah yang secara administrasi mengajukan diri sebagai kota sehat.

“Setelah kita periksa dokumennya sekarang tinggal 165 daerah. Untuk Sumbar ada 11 daerah termasuk Payakumbuh,” ucapnya.

Dalam verifikasi kota sehat tersebut, Eko bersama rombongan didampingi Wakil Wali Kota Erwin Yunaz dan Ketua Forum Kota Sehat Amrizal Jufri untuk meninjau kondisi di terminal Koto Nan Ampek dan Kawasan Wisata Ngalau Indah. (01)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY