MetroPadang.com – Bupati Pesisir Selatan diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Suhendri membuka seminar nasional penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bertempat di SD Negeri 10 Painan Timur, Kecamatan IV Jurai, Sabtu (19/6).
Pada kesempatan itu, Suhendri mengapresiasi pelaksanaan seminar nasional penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran yang diselenggarakan SD Negeri 10 Painan Timur bekerjasama dengan Prodi S2 Megister Pendidikan Geografi FIS UNP tersebut.
“Kegiatan seminar nasional ini merupakan salah inovasi dalam bidang pendidikan, terutama berkaitan dengan penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran. Kita berharap kerjasama ini terus ditingkatkan kedepan,” harapnya.
Dikatakan, penanaman nilai-nilai karakter pembelajaran sangat penting, sehingga terbentuk watak dan prilaku anak didik yang baik. Dalam pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap.
Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur. “Tentu, semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah,” katanya.
Dalam kesempatan itu Suhendri juga berharap kepada para guru, selain mendidik, guru juga dituntut mampu memberikan ketauladanan kepada anak didik.
Sebab, melalui ketauladanan itu anak didik tidak hanya sekedar tangguh dan berkualitas, tapi juga akan memiliki karakter yang baik untuk bisa ditauladani di lingkungan masyarakat. Kemudian guru merupakan inspirasi bagi anak didiknya. Meski demikian, guru tidak akan menuntut anak didik untuk juga berada pada posisinya, ucapnya.
Lalu meminta guru melakukan perubahan cara mengajar kepada anak didiknya, dengan cara mengajak mereka untuk banyak berdiskusi, bukan hanya mendengar.
Sementara Kepala SD Negeri 10 Painan Timur, Balpasmirza mengatakan, pihaknya melakukan kerjasama dengan Prodi S2 Megister Pendidikan Geografi FIS UNP menggelar seminar nasional yang bertema penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran.
“Seminar nasional tersebut diikuti sebanyak 13 peserta yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi, Aceh dan Sumatera Utara. Kemudian narasumber sebanyak 2 orang yaitu Dr.Khairani, M.Pd (Dosen Pasca Sarjana UNP) dan Dr.Iswandi Umar, M.Si (Ketua Prodi S2 Magister Pendidikan Geografi FIS-UNP),” sebutnya. (mp)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY