Kadinkes Mentawai: Fogging Tidak Dapat Membasmi Jentik

1583
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar

Metro Padang.com – Untuk mencega DBD , Fogging atau pengasapan menggunakan pestisida bukan solusi yang tepat untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD). Fogging hanya efektif membunuh nyamuk dewasa, namun tidak bisa membasmi jentiknya.Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar  fogging, Senin (12/08/2019).

“Fogging atau pengasapan menggunakan pestisida efeknya hanya dapat bertahan dua hari, nyamuk dewasa mati, jentiknya tidak. Jadi nyamuk dewasa berkembang biak lagi,” kata Lahmuddin Siregar via selulernya.

Tak hanya itu, fogging yang dilakukan secara berulang-ulang dapat menyebabkan nyamuk kebal terhadap zat kimiawi. Hal itu dapat menurunkan efektivitas dari fogging itu sendiri.

Menurutnya, solusi terbaik dalam penanganan DBD yaitu melaksanakan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Cara 3M plus yaitu menguras, membersihkan dan menutup. Menguras dan membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

Berikutnya menutup rapat tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya serta memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

Lahmuddin menerangkan, PSN perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba. Curah hujan tinggi dapat meningkatkan tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan.

Lebih lanjut Lahmuddin mengatakan, kesadaran membersihkan lingkungan itu harus dimulai dari rumah tangga. Peran masyarakat juga menentukan pemberantasan kasus DBD untuk menutup kesempatan berkembang biaknya nyamuk aidies aigepty.

“Nah jika ada anggota keluarga yang terkena demam, segera berobat jangan hanya dibiarkan,” ucapnya.

Lahmuddin mengajak dan mendorong masyarakat untuk lebih aktif dalam membersihkan lingkungan tempat tinggal dan membasmi jentik nyamuk.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY