Metro Padang.com – Prestasi Tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh dalam beberapa tahun belakangan ini sangat luar biasa. Pasalnya pada Rabu (25/7) di Halaman Kantor Kelurahan Tanjuang Pauah, Tim Penilai Tingkat Provinsi Sumatera Barat kembali melakukan penilaian lapangan pada salah seorang kader PKK terbaik kota ini.

Diwakili Fasra Entika dari kader Posyandu Kemuning, Kelurahan Tanjuang Pauah, Kecamatan Payakumbuh Barat, yang berhasil lolos sebagai salah satu nominasi pada kategori lomba Kader Posyandu Berprestasi Integrasi Bina Keluarga Balita (BKB) dan PAUD tingkat provinsi pada tahun 2018.

Sebelum penilaian dan peninjauan ke lapangan, terlebih dahulu diadakan acara penyambutan tim yang dipimpin Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Hj. Nevi Zuairina dan pembukaan kegiatan yang dihadiri Ketua TP PKK kota Payakumbuh Hj. Henny Yusnita, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Syahnadel Khairi, sejumlah pimpinan perangkat daerah, Camat, Lurah, Tim Penilai Provinsi, pengurus PKK tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan, niniak mamak, bundo kanduang, warga, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Nevi Zuairina memberikan apresiasi kepada kota Payakumbuh, yang menjadi salah satu dari lima nominasi tingkat provinsi.

“Kami tim penilai memberikan apresiasi kepada kader Posyandu Kemuning, Fasra Entika, yang beberapa waktu lalu berhasil melalui tahapan awal penilaian di Padang.

Kedatangan tim kali ini adalah dalam rangka peninjauan ke lapangan, serta akan menilai dengan baik dan profesional,” kata Nevi.

Ditambahkan Nevi, pelaksanaan kegiatan di Posyandu sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan orang. Kerana dibutuhkan kebersamaan para kader dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak di lingkungan sekitarnya.

“Kegiatan di Posyandu untuk saat ini sangatlah penting, karena upaya peningkatan derajat kesehatan ibu, anak, dan balita, serta upaya lainnya seperti mengurangi tingkat kematian ibu dan balita, masalah gizi dan lain sebagainya.

Kesehatan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia, untuk itu sedari usia dini, anak-anak haruslah dalam kondisi sehat, cukup gizi, serta imunisasinya.

Dan berharap anak-anak usia dini di Payakumbuh berada dalam kondisi yang sehat, “pungkas Nevi mengakhiri.

Sementara itu, Ketua TP PKK kota Payakumbuh, Hj. Henny Yusnita dalam kesempatan tersebut berharap kadernya, Fasra Entika, mampu berhasil tembus menjadi juara tingkat provinsi untuk tahun ini.

“Kami berharap Fasra Entika, mampu dan berhasil meraih hasil terbaik,” harap Henny.

Kepala DP3AP2KB, Syahnadel Khairi, menginformasikan bahwa dalam 5 (lima) tahun terakhir terjadi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 75,89 di tahun 2012 menjadi 77,56 di tahun 2016. Hal ini mengindikasikan terjadinya peningkatan kesejahteraan masyarakat serta tolak ukur keberhasilan membangun kualitas hidup manusia.

“Dan program Posyandu BKB PAUD ini adalah salah satu faktor penting dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat tersebut,”ujar Syahnadel.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY