Metro Padang – Ratusan siswa SMAN 1 Tanjung Raya, Kabupaten Agam mengikuti vaksinasi Covid-19 secara massal di sekolah tersebut, Jum’at (24/9).
Vaksinasi itu terlaksana atas kerjasama pihak sekolah dengan Polsek Tanjung Raya dan Puskesmas Maninjau.
Para siswa terlihat antusias mengikuti imunisasi vaksin Covid-19 tahap pertama. Pemberian vaksin kepada pelajar merupakan salah satu syarat utama untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka pada masa pandemi.
Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin mengatakan, pihaknya bersama pemerintah kecamatan dan Puskesmas Maninjau terus berupaya melakukan gebyar vaksinasi kepada masyarakat. Untuk hari ini, terdapat 130 siswa yang akan mengikuti vaksinasi Covid-19 dengan jenis vaksin Sinovac.
Ia menyebut, pemberian vaksinasi kepada siswa sekolah tersebut akan terus dilakukan secara bertahap dengan target sasaran sekitar 500 siswa.
“Hari ini ada sekitar 130 siswa yang akan menjalani vaksinasi, dari target sasaran berkisar 500 orang. Vaksinasi bagi siswa SMAN 1 Tanjung Raya akan kita lakukan secara bertahap agar target kekebalan tubuh atau herd immunity bisa tercapai,” ujar Iptu Akhiruddin kepada.
Ia menyebutkan, pada Kamis (23/9) kemarin terdapat 155 orang di Kecamatan Tanjung Raya yang menjalani imunisasi vaksin Covid-19. Vaksinasi itu terlaksana di SMAN Agam Cendekia dan Puskesmas Maninjau.
Akhiruddin menambahkan, pihaknya bersama pemerintah kecamatan dan puskesmas akan berkoordinasi dengan seluruh sekolah di Tanjung Raya untuk melaksanakan vaksinasi bagi guru dan siswa.
Menurut dia, salah satu syarat pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi adalah para guru dan siswa sudah divaksin. Sehingga melalui gebyar vaksinasi ini tentu akan mendukung proses belajar mengajar di sekolah.
“Kita berharap sekolah lainnya ikut berpartisipasi mensukseskan program vaksinasi ini, baik kepada guru maupun siswa atau peserta didik,” jelasnya.
Dalam waktu dekat ini, lanjut dia, pihak kepolisian bersama puskesmas berencana akan menggelar gebyar vaksinasi di tempat umum. Untuk tahap awal, program tersebut akan dilaksanakan di Pasar Maninjau, pada Selasa (28/9) mendatang dengan sasaran pedagang dan pengunjung pasar.
“Bagi pengunjung dan pedagang pasar yang ingin divaksin, boleh menjalani vaksinasi nanti di gerai yang disediakan,” katanya.
Sementara Camat Tanjung Raya Handria Asmi menambahkan, antusias masyarakat mengikuti program vaksinasi sejak beberapa hari terakhir terbilang cukup tinggi. Menurutnya, tingginya antusiasme itu berkat upaya dari pihak kepolisian dan tenaga kesehatan dalam memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat.
“Alhamdulillah, kita menilai persentase masyarakat yang ikut divaksin sudah mulai meningkat setelah digencarkan sosialisasi. Kita berharap, jumlah masyarakat yang divaksin bisa terus meningkat sehingga pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” ungkapnya. (hry/MP)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY