Pemko Payakumbuh Tingkatkan Reformasi Birograsi IT Berbasis Satu Data

1446
Metro Padang.com –  Payakumbuh,  Mewujudkan good governance atau kepemerintahan yang baik, transparan, bebas korupsi, akuntable efektif dan effisien dengan melakukan pembenahan baik sarana, prasarana, sistem, kualitas sumber daya manusia dan penguatan bidang regulasi serta data.Pemerintah Kota Payakumbuh dibawah kepemimpinan H. Reza Fahlepi, ST. MT dan Wakil Walikota beserta jajaranya yang di manage oleh Sekda telah melakukan berbagai macam terobosan seperti membangun sitim terintegrasi bermasis IT untuk memudahkan sinkronisasi penyelenggaraan pemerintahan mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan , pelaporan dan evaluasi.

Sistim ini bermanfaat dalam mengurangi proses pekerjaan berulang dan menghindari terjadinya kesalahan dalam proses lanjutan dari perencanaan (Penganggaran dan Pelaksanaan).

Komitmen Pemko Payakumbuh dalam membangun IT dalam penyelenggaraan pemerintahan tersebut telah di apresiasi oleh pemerintah pusat dimana Pimpinan daerah dipanggil untuk jadi narasumber atau panelis pada acara Aksi Nasional Penaggulangan Korupsi (ANPK) di Jakarta yang dibuka langsung Presiden Joko Widodo.

Secara singkat kita sampaikan bahwa best practise pemerintahan yang ditampilkan adalah Peta Digital yang dibangun dengan aplikasi, yang memungkinkan para stekholder dapat mengunakan untuk berbagai keperluan seperti media untuk pencegahan korupsi karena tidak ada kongkalingkong dalam pajak, tidak bisa lagi menyembunyikan luas atau klasifikasi objek pajak tersebut.

Banyak manfaat peta digital ini sampai pada investasi, investor bisa melihat peluang tanpa harus datang ke Payakumbuh.

Itu salah satu contoh aplikasi bidang IT disamping belasan aplikasi lainya yang dibangun sendiri oleh Pemko Payakumbuh dengan dana yang serba terbatas.

Tidak hanya sampai disini, melalui rakor bulanan tambahan hari jum’at tanggal 28 Agustus 2020 menginstruksikan berbagai opd untuk melakukan ATM (amati, tiru dan modifikasi) ke daerah yang dianggap KPK bagus dalam penyelenggaraan kepemerintahan berbasis IT.

Untuk itu Pemko Payakumbuh ingin secepatnya menerapkan “SATU DATA PAYAKUMBUH”

Satu Data Payakumbuh diharapkan dapat mempercepat pelayanan kepada masyarakat karena semuanya berada dalam jaringan dan baginpemerintah satu datah tersebut akan mempermudah dalam menyusun satu kebijakan pelayanan bagi masyarakat.

Satu data Payakumbuh diharapkan dapat mempermudah semuanya. Satu kali proses diharapkan dapat melihat atau mengetahui informasi yang dibutuhkan. Satu kali klik peta digital di wilayah tertentu dapat diketahui hal-hal seperti :
– Luas Wilayah.
– Jumlah Penduduk.
– Kondisi wilayah.
– Peluang investasi
– Fasiltas Umum
– dan lain-lain

Satu kali klik lanjutan jumlah penduduk akan muncul sebagai berikut :
– Jumlah pdduk dari jenis kelamin
– Jenis Pekerjaan/status sosial
– Jumlah pengangguran
– Jumlah Lansia
– Dan lain – lain.

Jadi dengan satu data Payakumbuh ini banyak manfaatnya. Masyarakat mudah memperoleh layanan, kalau bisa, bisa print out sendiri dokumen di rumah seperti surat-surat keterangan dan surat lainya. Dengan satu data Payakumbuh akan terwujud transparansi pelayanan, tidak ada yang tersembunyi atau ditutupi.

Dengan satu data ini akan muncul partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan, mereka bisa mengkritik, memberikan masukan karena mereka bisa melihat proses mulai dari planing, organizing, actuating and controling. Disamping itu juga tidak akan ada lagi ego sektoral antar OPD.

Semoga ini bisa tercapai dengan segera untuk percepatan kemajuan Kota Payakumbuh lebih dari sekarang. Happy weekend, keep up our spirit and be happy.

Mari bersahabàt dengan covid, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dengan rajin, tingkatkan keikhlasan dan banyak Berdo’a. AAMIIN.(MP)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY