MetroPadang .com-Pesawat jet tempur F-22 milik Amerika Serikat mencegat empat pesawat jet tempur pengintaian Rusia di langit Alaska.
Komando Pertahanan Udara Amerika Utara atau NORAD mengatakan pesawat jet Rusia itu berjenis Tu-142s ini merupakan kesepuluh kalinya pesawat militer Rusia terdeteksi di langit Alaska dan dicegat.
“Pesawat militer Rusia itu tidak memasuki wilayah kedaulatan Kanada dan Amerika Serikat,” begitu pernyataan NORAD seperti dilansir Reuters Minggu, 28 Juni 2020.
Kapten Cameron Hillier, yang menjadi juru bicara NORAD, mengatakan pesawat F-22 siluman milik Angkatan Udara AS ini berasal dari Pangkalan Udara Elmendorf di Alaska.
Ini merupakan bagian dari persaingan militer AS dan Rusia pada 2020 ini.
Sebelumnya, kantor berita Interfax melansir berita jet tempur Rusia mencegat dua pesawat pengebom B-52 AS pada 19 Juni 2020 saat itu, pesawat pengebom milik AS ini sedang terbang di atas Laut Okhotsk, lepas pantai timur dari Rusia.
Hubungan AS dan Rusia mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir kedua negara saling tuding mengenai intervensi pilpres AS 2016 Rusia dan AS juga bersitegang mengenai perang di Suriah, yang melibatkan milisi dan juga kelompok teroris ISIS.
Rusia dan AS juga berkompetisi dalam pengembangan senjata hipersonik berhulu ledak nuklir Amerika dan Rusia sedang menjajaki perjanjian nuklir baru. (MP)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY