Hiruk Pikuk TMMD, Percepat Pembangunan Wilayah Terpencil

757

Metro Padang.com – Remban ,TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 103 yang dilaksanakan di Desa Pasedan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang, merupakan satu di antara upaya percepatan pembangunan di wilayah pedesaan yang dilakukan oleh Kodim 0720/Rembang.

Program TMMD sendiri merupakan bagian dari pelaksanaan tugas pokok TNI yang tertuang dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sesuai UU No. 34 Tahun 2004 tentang TNI. Seperti kegitan TMMD yang digiatkan, dalam program TMMD perbaikan jalan penghubung antara Dukuh Ngotoko ke Desa Pasedan akan diperbaiki.

Kegiatan tersebut sudah dimulai sepekan lalu, hasil program tersebut kini sudah mulai terlihat dengan adanya jalan-jalan makadam hasil pembangunan yang dilakukan oleh TNI. Diketahui sebelumnya akses jalan penghubung desa menyulitkan warga karena kondisi jalan berupa batu, tanah berlumpur dan jauh dari jalan raya.

Danramil 05/Bulu Kapten Inf Mustamir yang ada di lokasi mengatakan TMMD menyasar desa-desa pelosok yang belum tersentuh pembangunan sehingga TNI perlu hadir membantu pemerintah daerah melakukan percepatan pembangunan. “Dalam pelaksanaannya sendiri TMMD juga melibatkan masyarakat setempat untuk ikut berpartisipasi melakukan pembangunan termasuk pelibatan sejumlah alat angkut untuk mempermudah pekerjaan,” jelasnya.

Terkait kendala yang dihadapi, Kapten Inf Mustamir menjelaskan, sulitnya kendaraan membawa material memasuki area lokasi mengingat jalanan yang menanjak berliku. “Kendaraan angkut material batu tidak bisa masuk ke lokasi oleh karena itu material ditaruh di pinggir jalan, dan personil Satgas TMMD melakukan pengangkutan secara manual maupun menggunakan gerobak ke lokasi atau menempatkannya di sisi jalan sehingga nantinya memudahkan pengerjaan jalan makadam,“ ujarnya. (0720)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY