Metro Padang Pemerintah Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam sukses melaksanakan vaksinasi massal bagi masyarakat. Tercatat, sebanyak 170 orang telah menerima dosis vaksin dalam kegiatan gebyar vaksinasi yang digelar di kantor Walinagari Maninjau, Selasa (5/10).
Jumlah warga yang mendapat dosis vaksin itu pun dinilai melampaui target semula yakni sebanyak 100 orang.
Wakapolsek Tanjung Raya, Iptu Akhiruddin menyebutkan, gebyar vaksinasi massal itu terlaksana berkat kerjasama pemerintah nagari dengan Polsek Tanjung Raya, Puskesmas Maninjau, Puskesmas Pasar Ahad, dan pemerintah kecamatan. Vaksin yang disediakan dalam gebyar vaksinasi massal tadi adalah jenis Sinovac dan Moderna.
Ia menyebut, ratusan masyarakat terlihat antusias mengikuti program imunisasi vaksin Covid-19 itu. Sekitar 210 orang warga mendaftar sebagai penerima dosis vaksin Covid-19, namun warga yang berhasil divaksin sebanyak 170 orang, karena sisanya dinyatakan ditunda.
“Vaksinasi massal di Nagari Maninjau berhasil melampaui target yaitu mencapai 170 orang dari total 210 orang yang mendaftar. Sisanya belum divaksin dengan alasan masalah kesehatan, dan mereka pulang sehingga tidak kembali ke lokasi vaksinasi,” ujarnya.
Menurutnya, partisipasi masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 mulai semakin meningkat. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang rela mengantre untuk divaksin.
Lebih lanjut disebutkan, vaksinasi Covid-19 ini terbuka untuk umum dari usia 12 tahun ke atas. Sesuai Peraturan Presiden Nomor 14 tahun 2021, setiap orang yang menjadi target sasaran penerima vaksin wajib untuk melaksanakan vaksinasi.
“Imunisasi vaksin ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh atau herd immunity dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi Covid-19,” ungkapnya.
Ia juga meminta masyarakat agar tidak termakan dengan berita hoax soal vaksin yang beredar banyak di media sosial. Banyaknya berita bohong itu, kata dia, menjadi salah satu faktor rendahnya tingkat vaksinasi di Kabupaten Agam.
“Kami menghimbau kepada masyarakat jangan percaya dengan berita bohong soal vaksin itu. Vaksin yang diberikan pemerintah sudah melalui tahapan uji secara ketat sehingga dijamin sehat, aman, dan halal,” sebutnya.
Pihaknya juga menghimbau masyarakat untuk berpartisipasi melaksanakan vaksinasi Covid-19 di gerai vaksin maupun puskesmas terdekat.
Selain mengikuti vaksinasi, penerapan protokol kesehatan secara ketat juga harus dilakukan dalam rangka antisipasi penyebaran Virus Corona. (HRY/MP)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY