MetroPadang.com – Ir, H. Adi Gunawan, M.M., himbau seluruh masyarakat untuk tidak ragu dalam melaksanakan suntik vaksin sesuai dengan anjuran pemerintah, hal ini disampaikan di kantor DPRD setempat Rabu (31/3/21).
Menurutnya, bahwa vaksin COVID-19 sebelum disuntikan menjadi vaksin yang mampu memberikan ketahanan tubuh, sudah melalui tahap uji klinis demi memastikan keamanan untuk digunakan pada manusia.
‘Maka dari itu, jangan adalagi ketakutan dan keraguan untuk di vaksin,” terang Adi.
Adapun manfaat vaksin Covid-19 adalah memberikan kekebalan pada tubuh, dengan nenciptakan respons antibodi.
Ketika tubuh sudah mendapatkan vaksin, maka sel B akan menempel pada permukaan virus Corona yang sudah dimatikan dan mencari fragmen yang cocok. Sedangkan Sel T, membantu mencocokkan fragmen dengan sel B. Apabila terdapat kecocokan, maka sel B akan berkembang biak dan menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh.
Selanjutnya, kegunaan vaksin, akan mencegah COVID-19 masuk kedalam tubuh. Karena, suntikan vaksin, akan merangsang sel tubuh manusia, terutama sel B yang memproduksi imunoglobulin. Akibatnya, tubuh individu akan kebal pada SARS-CoV-2.
Selain, menghentikan virus untuk menyebar ke seluruh tubuh, juga akan mlindungi orang di sekitar kita. Jika kita menerima vaksin, otomatis tubuh akan terlindungi dari serangan virus Covid-19.
Hal ini menjadi manfaat vaksin Covid-19 yang membantu mengurangi penyebaran Corona untuk melindungi orang-orang di sekitar, pungkas Mantan Bupati Dharmasraya periode 2010-2015 itu. (mp)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY