Dosen UNAND Siap Bantu Usaha Kelompok Ibu-Ibu PKK Kelurahan Limau Manis  Selatan, Kec. Pauh Kota Padang

2479
Oleh: Dra. Leli Sumarni MS.Msi (Dosen Fakultas Ekonomi Unand)
Metro Padang.com – Usaha kelompok kebun Ibu-Ibu PKK kelurahan Limau Manis Selatan dalam memproduksi sayur masih banyak mengalami kendala terutama dalam teknis budidaya tanaman. Selain dari itu juga terdapat permasalahan mengenai cara memasarkan produk, dan mengelola usaha dengan baik. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan pendampingan dan pembinaan dalam mengelola usaha baik secara ekonomi maupun teknik budidaya.
Hal inilah yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat Unand dengan menggelar pelatihan cara mengolah lahan pertanian untuk memproduksi sayuran yang berkualitas.
Kegiatan ini merupakan program berkelanjutan membantu mitra kelompok kebun Ibu-Ibu PKK di Kelurahan Limau Manis Selatan Kecamatan Pauh Kota Padang. Tim terdiri dari Dra. Leli Sumarni MS.Msi (Ketua) Dosen Fakultas Ekonomi Unand dan anggota Prof. Dr. Mansyurdin,MS (Dosen biologi Unand), Dr.Ir. Adrinal, MS (Dosen Ilmu Tanah Unand), Dr. Elvira Luthan, MS.Ak (Dosen Akuntansi Unand), Panji Ramadhan (mahasiswa Pertanian Unand), Elsa Lolita Putri, SP(Alumni Ilmu Tanah Unand) dan Arina Rahmi, SE (Alumni Ekonomi Unand).
Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah melakukan pembinaan, pendampingan dan pelatihan terhadap kelompok Kebun Ibu-Ibu PKK Kelurahan Limau Manis Selatan dalam menghasilkan produksi sayur-sayuran yang berkualitas tinggi dan produksi pupuk organik cair dan pupuk organik granul dengan merek dagang “4Green”, ujar Dr. Elvira Luthan, MS.Ak

Leli Sumarni MS.Msi dalam pelatihan di kebun Ibu-Ibu PKK yang berlokasi di jalan Biologi Raya Komplek Perumahan Unand Gadut Padang. Pelatihan dihadiri oleh seluruh anggota kelompok kebun Ibu-Ibu PKK Kelurahan Limau Manis Selatan.
Dr.Adrinal,MS sewaktu memberikan pelatihan cara mengolah tanah pertanian menyebutkan bahwa untuk mendapatkan media tanam yang baik, lahan harus di gemburkan. Menurut mereka untuk menghasilkan tanaman sayur yang berkualitas maka dibutuhkan pemupukan yang mengandung makro elemen dan mikro elemen yang cukup.
Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini tim berharap mitra dapat memproduksi sayur-sayuran organik yang berkualitas tinggi, pupuk organik cair dan pupuk organik granul dengan merek dagang “4Green” yang selanjutnya dapat dipasarkan ke masyarakat sekitar.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY