Disdikbud Pesisir Selatan Laksanakan Bimtek

564
Metro Padang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas di Satuan PAUD Bagi Pusat Kegiatan Gugus tanggal 11-12 Agustus 2021 di Hotel Anordio Painan. Kegiatan itu diikuti oleh tenaga pendidik PAUD dan tenaga pengawas di Kabupaten Pesisir Selatan.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Suhendri Zainal, Kamis (12/8) di Painan mengatakan, kegiatan bimbingan teknis itu sangat penting dalam rangka mewujudkan pengelolaan lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD.
Ia menegaskan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan saat ini fokus pada peningkatan dan pengembangan kualitas PAUD.
“Sebab, PAUD merupakan awal anak mendapat pendidikan formal sebelum melanjutkan tingkat pendidikan berikutnya. Oleh karena itu, kompetensi guru PAUD harus ditingkatkan, sehingga mampu melaksanakan fungsi dengan baik,” katanya.
Diharapkan, melalui Bimtek tersebut tenaga pendidik dan pengawas di Kabupaten Pesisir Selatan mampu mengelola lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD.
Kemudian menurutnya, di masa Pandemi Covid-19 para pendidik PAUD  mampu membuat video pembelajaran yang materinya disesuaikan dengan tema yang akan diajarkan.
Selanjutnya, mampu menyampaikan pesan-pesan atau materi pembelajaran kepada anak usia dini ketika mereka melakukan belajar dari rumah yang menarik dan mengerti serta menyenangkan bagi anak.
Disebutkan, di tengah Pandemi Covid-19 mengharuskan anak usia dini belajar dari rumah. Meskipun dalam kondisi Pandemi Covid-19, proses belajar mengajar harus tetap berjalan, maka dengan pembuatan media pembelajaran dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar, sehingga berjalan dengan baik.
“Anak usia dini  cenderung memiliki ketertarikan pada gambar,  musik, warna yang beragam dan bergerak, maka dalam pembuatan media dan video pembelajaran ini merupakan hal yang sangat menarik bagi anak, sehingga menciptakan proses belajar mengajar yang berkualitas dan menyenangkan bagi anak,” katanya. (mp)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY