Dinas Pertanian Bersama Pemkab Dharmasraya Berikan Bibit Gratis

239
MetroPadang.com – Pemerintah Daerah Dharmasraya bagikan bantuan bibit padi secara gratis di Pulau Pendam Nagari Sungai Langok, Rabu (2/12).
Bibit padi tersebut dengan varietas M 70 D, M 400, inpari 32 yang merupakan varietas padi unggul dengan jenis beras pulem dengan produksi sampai 10 ton/ha. Untuk varietas padi pera (keras) pemerintah Dharmasraya membagikan jenis varietas padi Sijunjung, varietas batang piaman dan varietas padi bujang marantau.
Kepala Dinas Pertanian Dharmasraya, Darisman, S Si MM menjelaskan bahwa pembagian bibit padi, bibit jagung, bibit sawit, bibit karet atau bibit buah-buahan adalah kegiatan rutin Pemerintah Dharmasraya.
“Pada tahun ini pemerintah mengalokasikan lebih kurang 5 Milyar rupiah buat bantuan bibit padi dan jagung gratis atau lebih kurang 6.000 ha lahan sawah dan tegalan,” terangnya.
Menurut Darisman, saat ini pertanian tidak lagi bercerita tentang bibit gratis dan pupuk bersubsidi lagi, masa itu sudah lewat.
Saat ini, kata Darisman pertanian Dharmasraya sudah menuju diversifikasi dan intensifikasi pertanian, bagaimana dengan luasan lahan pertanian yang sama, tetapi hasilnya berlipat ganda, salah satunya dengan teknologi pertanian.
Pada kesempatan itu, Tarno ketua Gapoktan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Dharmasraya di bawah kepemimpinan Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang selalu hadir disetiap kesusahan petani dan selalu bisa menjawab permasalahan petani. (nz)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY