Dinas Kelautan dan Perikanan Mentawai Salurkan Dana Stimulus kepada 1500 nelayan

324
MetroPadang.com-Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kepulauan Mentawai akan menyalurkan dana stimulus kepada 1500 nelayan di Mentawai sebanyak Rp450 ribu per orang. Bantuan itu sebagai dana stimulus membangkitkan ekonomi masyarakat yang lesuh saat pandemi Covid-19.
Di Kecamatan Siberut Utara, kelompok nelayan yang mendapat bantuan stimulus diantaranya di Desa Muara Sikabaluan dan Desa Malancan. Untuk di Desa Muara Sikabaluan sebanyak 6 kelompok atau 92 orang, di Desa Malancan 4 kelompok atau 63 orang.
“Bantuan ini diberikan dalam rangka menumbuhkan ekonomi nelayan,” kata Bernadus Manai Sikaraja, Petugas Perikanan DKP Mentawai wilayah Kecamatan Siberut Utara , Rabu (3/6/2020).
Bernadus mengatakan, bantuan stimulus ini diberikan dalam rangka menumbuhkan daya beli dan daya jual nelayan yang selama ini menurun karena dampak covid-19.
“Karena covid banyak agen ikan tutup di Padang, akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) daya jual ikan menurun. Ini yang mau ditumbuhkan dengan bantuan stimulus,” ujarnya.
Menurut Bernadus, pihaknya akan melakukan validasi data yang ada dengan kondisi lapangan, setelah itu penerima bantuan akan ditetapkan melalui surat keputusan “Bagaimana teknis penyalurannya nanti akan diatur oleh dinas,” katanya.
Sementara di Kecamatan Siberut Barat, kelompok nelayan yang mendapat bantuan ada di Desa Sigapokna sebanyak 46 orang. (MP)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY