MetroPadang.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Padang gelar Rapat Kerja (Raker) bersama sejumlah pengurus dan beberapa OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Padang, Rabu (23/6/2021).
Rapat yang berlangsung di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang tersebut, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Padang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Endrizal.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Endrizal berharap, Raker yang digelar Dekranasda Kota Padang dapat merangkul banyak stakeholder demi memperkuat upaya pengembangan industri kerajinan di Kota Padang.
“Dibutuhkan banyak langkah sinergi dari para pemangku kepentingan terkait, tidak hanya triple helix, tapi juga penta helix, yaitu akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas dan media. Semua pihak tersebut akan memperluas akses pasar bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Padang,” jelas Asisten.
Asisten juga berharap, Dekranasda Kota Padang dapat menjadi kurator atau bertanggungjawab bagi produk unggulan yang dihasilkan oleh pelaku IKM, dengan mempromosikan produk unggulan tersebut kepada masyarakat luas.
“Artinya, Dekranasda harus menjadikan diri sebagai ruang promosi bagi para pelaku IKM. Dengan demikian, peran Dekranasda selaku mitra pemerintah dalam mendorong perekonomian masyarakat akan terwujud,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang Suardi, selaku Panitia pelaksanaan Raker tersebut mengatakan, Raker Dekranasda ini bertujuan untuk mensikronisasikan kegiatan Dekranasda Kota Padang dengan stakeholder dan OPD terkait.
“Raker ini diikuti oleh Pengurus Dekranasda Kota Padang, PKK Kota Padang, GOW Kota Padang, SMK di Kota Padang dan IKM Kota Padang,” sebutnya.
Di kesempatan itu juga diadakan serah terima jabatan antara Ketua Dekranasda Kota Padang yang lama Hj. Harneli Bahar dengan Ketua Dekranasda Kota Padang yang baru Ny. Genny Putrinda untuk sisa masa jabatan 2021-2024.
Ketua Dekranasda Kota Padang Ny. Genny Putrinda mengatakan, atas nama Dekranasda Kota Padang mengucapkan terima kasih kepada Ketua Dekranasda Kota Padang terdahulu, Hj. Harneli Bahar yang selama ini telah memberikan sumbangsih, dedikasi dan pemikirannya bagi kemajuan IKM di Kota Padang, khusus IKM di bawah binaan Dekranasda Kota Padang.
“Program-program kerja yang telah disusun dan dijalankan selama ini dibawa kepemimpinan Umi (sapaan akrab Hj.Harneli Bahar) akan terus kami lanjutkan.
Tantangan dalam pembinaan IKM di Kota Padang akan semakin komplek dengan adanya pandemi Covid-19. Untuk itu kami mohon bantuan dan bimbingan dari Umi ke depan selaku Ketua Dekransada Provinsi Sumatera Barat,” ucapnya.
Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Hj. Harneli Bahar menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan kerja sama dari seluruh pengurus selama ia memangku jabatan sebagai Ketua Dekranasda Kota Padang.
“Banyak produk IKM di Kota Padang yang harus dikembangkan dan dipromosikan kedepan, salah satunya berkaitan dengan fashion seperti batik yang telah di launching yakni Batik Kajang Padati. Insha Allah Dekranasda Sumatera Barat dan Kota Padang siap bersinergi untuk memajukan IKM di Kota Padang,” ucap Istri Gubernur Sumatera Barat itu.
Turut hadir di kesempatan itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ny. Marni Amasrul, Kepala Bappeda Kota Padang Yenni Yuliza dan sejumlah pengurus Dekranasda Kota Padang. (mp)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY